PT KAI Bersama Pemprov DKI Bantu Warga Pindah dari Area Lintasan Kereta

Forumterkininews.id, Jakarta – PT KAI Daop 1 Jakarta berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara serta unsur TNI dan Polri melakukan kerja bakti memindahkan barang-barang milik warga sekitar. Ini dilakukan untuk memuluskan proyek pembersihan area di jalur KA lintas Jakarta Kota-Tanjung Priok di KM 5+200 s.d. 5+900. Atau di sekitar Jakarta International Stadium (JIS).

Warga yang koperatif dengan sendirinya membatalkan rencana penertiban paksa pada Selasa (11/10). Bahkan petugas gabungan kerja bakti kewilayahan membantu warga memindahkan barang-barang menggunakan sejumlah kendaraan dan tidak menggunakan alat berat. Pasalanya warga yang menempati 254 bangunan telah melakukan proses pengosongan bangunan tidak permanen tersebut secara bertahap.

Sebelumnya KAI Daop 1 Jakarta bersama pemerintah kota Jakarta Utara melakukan koordinasi kewilayahan dan sosialisasi bersama kepada warga sekitar untuk mengosongkan lokasi tersebut. Melalui kegiatan sosialisasi warga setuju dan dengan tertib menjalani kesepakatan untuk pindah. Pendataan dan program relokasi warga juga telah dijalankan oleh pemerintah kota.

Sebanyak 670 personil gabungan dikerahkan dalam kegiatan kerja bakti bersama yang terdiri dari tim internal KAI Daop 1, Satpol PP, Dinas Pemerintah Kota Jakarta Utara, Dandim 0502 Jakarta Utara dan unsur kewilayahan setempat.

Kemudian, demi keselamatan bersama, PT KAI Daop 1 Jakarta juga kembali mengingatkan seluruh masyarakat agar menaati peraturan yang ada. Adapun undang-undang yang mengatur tentang keselamatan perjalanan KA tertuang dalam UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

Artikel Terkait