Putin Tawarkan Pasokan Gas Tambahan ke Eropa

Forumterkininews.id, Moskow – Presiden Rusia, Vladimir Putin menyebut siap mengirimkan volume tambahan gas alam ke Uni Eropa pada periode musim gugur-musim dingin.

Dalam sesi pleno forum internasional Pekan Energi Rusia di Moskow, Putin menyebut salah satu dari dua cabang pipa Nord Stream 2 telah selamat dari insiden kebocoran baru-baru ini.

Rusia pun kata Putin, siap mengirim gas melalui pipa itu ke Eropa.

“Kapasitasnya 27,5 miliar meter kubik per tahun, atau sekitar 8 persen dari seluruh impor gas Eropa. Rusia siap memulai pengiriman seperti itu. Bolanya ada di pihak Uni Eropa,” kata Putin, dikutip Xinhua, Kamis (13/10).

Ia menambahkan, Rusia juga dapat mentransfer volume yang hilang melalui pipa Nord Stream ke wilayah Laut Hitam dan membuat rute pasokan utama ke Eropa melalui Türkiye.

Di forum tersebut, Putin menyatakan keprihatinan tentang harga energi yang tidak stabil dan ketidakseimbangan dalam penawaran dan permintaan.

Dia juga mengkritik negara-negara tertentu yang semata-mata dipandu oleh ambisi geopolitik mereka sendiri, melakukan diskriminasi langsung di pasar.

Dia menyebut sabotase pipa gas Nord Stream 1 dan 2 sebagai “tindakan terorisme internasional.”

Putin mengatakan bahwa mereka yang berada di balik sabotase berusaha untuk memutuskan hubungan sepenuhnya antara Rusia dan Uni Eropa, melemahkan potensi industri Eropa dan merebut pasar.

Artikel Terkait