Terseret Kasus Korupsi, Neymar Jalani Persidangan

Forumterkininews.id, Barcelona – Neymar tiba di Pengadilan Barcelona, Spanyol, Senin (17/10/2022). Penyerang asal Brasil itu terseret kasus dugaan penipuan dan korupsi dalam proses transfernya dari Santos ke Barcelona pada 2013

Hari ini, Neymar tiba di Spanyol untuk jalani persidangan. Neymar jalani persidangan karena diduga melakukan penyimpangan dalam transfernya ke Barcelona hampir satu dekade lalu.

Pemain Paris Saint-Germain tiba di Pengadilan Provinsi Barcelona pagi ini. Dia datang untuk persidangan, yang merupakan puncak dari kisah hukum selama bertahun-tahun atas transfer 2013 dari klub Brasil Santos.

Neymar adalah satu dari sembilan terdakwa yang diadili atas tuduhan terkait korupsi. Di antaranya orang tuanya dan perusahaan N&N mereka, yang mengelola urusannya. Ketiganya menghadapi tuduhan korupsi bisnis.

Jika terbukti bersalah, Neymar bisa menghadapi dua tahun penjara dan denda 10 juta euro (£ 8,6 juta).

Penyelidik mulai menyelidiki transfer 2013 setelah pengaduan 2015 diajukan oleh DIS. Sebuah perusahaan Brasil yang memiliki 40 persen hak olahraga pemain ketika dia berada di Santos.
Barcelona mengatakan biaya transfer 57,1 juta euro (£ 49,4 juta), tetapi jaksa percaya itu setidaknya 83 juta euro (£ 71,8 juta).

Klub mengatakan telah membayar 40 juta euro (£ 34,6 juta) kepada N&N dan 17,1 juta euro (£ 14,8 juta) kepada Santos, di mana 6,8 juta euro (£ 5,8 juta) diberikan kepada DIS.

Tapi DIS menuduh bahwa Neymar, Barcelona dan klub Brasil berkolusi untuk menutupi biaya sebenarnya dari kesepakatan itu.Di antara terdakwa lainnya adalah dua mantan presiden Barca, Sandro Rosell dan Josep Maria Bartomeu, dan mantan bos Santos Odilio Rodrigues Filho.

Neymar, sekarang dengan Paris Saint-Germain, diharapkan di pengadilan pada hari pertama, meskipun itu belum dikonfirmasi secara resmi.

Artikel Terkait