Hindari Serangan Ukraina, Rusia Evakuasi 60.000 Warganya dari Kherson

Forumterkininews.id, Kiev- Pemimpin Rusia di wilayah Kherson mengatakan berencana untuk mengevakuasi sekitar 50-60.000 orang selama enam hari ke depan. Hal itu dilakukan di tengah meningkatnya tekanan dari serangan balasan dari Ukraina.

Berbicara pada siaran online “Soloviev Live”, gubernur Kherson, Vladimir Saldo mengatakan pihak berwenang memindahkan warga sipil ke tepi kiri Dnipro untuk menjaga mereka agar tetap aman.

“Saya berkendara melalui pusat regional pagi ini. Di luar, tidak ada yang menunjukkan ada banyak tekanan,” kata Saldo dikutip Reuters.

“Tetapi ketika saya tiba di pelabuhan sungai, saya melihat perahu-perahu sudah menunggu dan sudah penuh dengan orang-orang yang siap untuk pergi ke tepi kiri Dnipro,” katanya, seraya menambahkan bahwa situasinya semakin tegang.

Dia mengatakan sekitar 10.000 orang per hari akan dipindahkan selama enam hari ke depan. Keadaan ini membuat beberapa daerah di Rusia sedang bersiap untuk menerima banyak pengungsi.

Sejauh ini kata Saldo, lwbih dari 5.000 orang telah meninggalkan Kherson dalam dua hari terakhir.

Pasukan Rusia di wilayah Kherson telah didorong mundur sejauh 20-30 km (13-20 mil) dalam beberapa minggu terakhir. Mereka berisiko terjepit di tepi barat sungai Dnipro sepanjang 2.200 km yang melintasi Ukraina.

Artikel Terkait