Mengenal “Bom Kotor”, Senjata Pemusnah yang Diklaim Rusia

Forumterkininews.id, Moskow – Rusia telah mengklaim bahwa Ukraina sedang membangun senjata pemusnah massal bernama “bom kotor”. Lalu apa itu bom kotor, dan seberapa besar tingkat bahaya beserta dampak yang ditimbulkannya?

Melansir AFP, pada dasarnya, bom kotor adalah bom konvensional yang dicampur dengan bahan radioaktif, biologis atau kimia. Bahan-bahan itu disebarkan dalam ledakan.

Menggunakan bahan radioaktif akan menjadikannya jenis perangkat penyebaran radiologis (RDD), istilah yang sering digunakan secara bergantian dengan “bom kotor”.

Tidak ada yang pernah meledakkan bom kotor, tetapi ada kecurigaan bahwa para ekstremis mungkin mencoba membuatnya.

Bom kotor jauh lebih tidak merusak daripada perangkat nuklir seperti bom atom atau bom hidrogen, yang reaksi fisi atau fusinya menciptakan kehancuran besar dalam batas yang luas.

Memproduksinya membutuhkan kemampuan pengayaan uranium di luar jangkauan sebagian besar negara.

Bom kotor lebih mudah dibuat, dan tidak terlalu merusak, daripada bom nuklir.

Efeknya akan mencemari area tertentu, dan orang-orang di sana, baik dengan radiasi langsung atau menghirup atau menelan zat yang terkontaminasi.

Tujuan utamanya bisa jadi untuk menciptakan kepanikan dalam populasi daripada pembunuhan massal langsung.

“Bom kotor bukanlah senjata pemusnah massal. Tetapi ‘senjata pengganggu massal’, di mana kontaminasi dan kecemasan adalah tujuan utama,” kata Komisi Pengaturan Nuklir Amerika Serikat, dalam artikelnya.

Ini berarti hanya orang-orang yang berada di dekat lokasi ledakan yang akan terpapar pada jenis tingkat radiasi yang akan segera menyebabkan penyakit parah.

Dalam radius yang lebih luas, risiko kesehatan akan datang dari debu, makanan, atau air yang terkontaminasi.

Sejumlah kecil bahan radioaktif yang diperlukan untuk mencapai efek seperti itu dalam sebuah bom dapat ditemukan di rumah sakit, badan penelitian, lokasi industri atau instalasi militer.

Artikel Terkait