Forum Parlemen Asia Pasifik, Puan: Perempuan Harus Jadi Agen Perubahan

Forumterkininews.id, Bangkok- Ketua DPR RI Puan Maharani berbicara soal peningkatan kesetaraan gender saat menghadiri  ‘The 30th Annual Congress of the Asia-Pacific Parliamentary Forum’ (APPF 30) yang digelar pada 26-29 Oktober 2022 di Thailand.

Sebelum APPF dibuka, Puan mengikuti forum khusus bagi anggota parlemen perempuan Asia-Pasific bertajuk ‘Memberdayakan Perempuan untuk Mengatasi Krisis di Masa Depan’.

Ia mendapat kesempatan berbicara dalam forum ini dan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Majelis Nasional Kerajaan Thailand sebagai tuan rumah penyelenggaraan APPF ke-30. 

Menurutnya, pertemuan anggota-anggota parlemen perempuan sangat penting mengingat saat ini dunia sedang menghadapi tantangan besar di mana situasi global terus menjadi lebih kompleks.

“Dan perempuan tetap rentan ketika dunia mengalami krisis di masa depan. Diperlukan upaya bersama untuk memperkuat ketahanan perempuan agar dapat bertahan menghadapi krisis di masa depan,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/10).

“Sebagai anggota parlemen, kita perlu menekankan bahwa kekuatan perempuan adalah tanggung jawab kita,”tambahnya.

Perempuan katanya,  harus menjadi ‘agen perubahan’, di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Selain itu, peningkatan keterlibatan perempuan dalam proses pengambilan keputusan di politik dan lembaga publik diperlukan, termasuk di pemerintahan dan parlemen. 

Ia menambahkan, peran perempuan untuk pembangunan global dan regional termasuk di Asia-Pasifik juga tidak boleh diremehkan.

Kendati demikian, Puan menyoroti adanya berbagai tantangan mengenai kepemimpinan perempuan di beberapa bagian dunia seperti persoalan budaya dan struktural.

Puan menyebut, hingga saat ini masih dibutuhkan perjuangan dalam menghadapi sentimen yang berakar budaya terhadap perempuan serta kebijakan yang tidak responsif gender.

Artikel Terkait