Hari Sumpah Pemuda, BEM SI Turun ke Jalan

Forumterkininews.id, Jakarta – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) akan melakukan unjuk rasa di sekitar Istana Negara tepatnya di Patung Kuda Arjuna, Jakarta Pusat, pada Jumat (28/10).

Aksi itu merupakan bentuk kekecewaan kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

“Seruan aksi nasional. 8 tahun kegagalan Jokowi. #reformasidirepresi,” tulis BEM SI dalam unggahan Instagramnya.

Dalam akun Instagram, mereka menuliskan ekonomi sulit, petani sengsara, buruh terkekang, kebebasan berpendapat direpresi.

BEM SI menerangkan aksi itu nantinya dimulai sekitar pukul 12.30 WIB.

“Kita akan kumpul di depan Perpusnas, kemudian ke Patung Kuda (Patung Kuda Arjuna Wijaya seberang Monas),” kata Koordinator Pusat BEM SI Muhammad Yuza Augusti mengkonfirmasi rencana aksi, Kamis (27/10/2022).

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Purwanta mengatakan pihaknya bakal melakukan rekayasa arus lalu lintas di sekitar lokasi demonstrasi.

“Iya seperti biasa (rekayasa lalu lintas) tentatif,” ujar Purwanta.

Selain mahasiswa, Purwanta menyebut demonstrasi itu juga melibatkan elemen buruh yang berjumlah 1.500 massa. Untuk petugas pengamanan, pihaknya akan menurunkan 1.600 gabungan personel TNI-Polri.

Purwanta mengimbau mahasiswa menggelar aksi dengan tertib. Dia berharap peserta aksi menggunakan tempat yang sudah disediakan.

“Silakan menyampaikan pendapatnya di muka umum, namun tentunya perhatikan berbagai ketentuan yang berlaku sesuai UU ya,” katanya.

“Kemudian juga perhatikan hak-hak masyarakat lain yang akan beraktivitas di ibu kota. Jadi silakan menempati tempat yang memang sudah disediakan untuk menyampaikan aspirasinya” sambungnya.

Artikel Terkait