Menpora Tegaskan Proses Naturalisasi Bukan Proyek Jangka Panjang

Forumterkininews.id, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali bersyukur proses naturalisasi Shayne Pattynama disetujui. Namun, dia menegaskan bahwa naturalisasi bukan proyek jangka panjang untuk sepakbola Indonesia.

Menpora tegaskan itu usai pemberian kewarganegaaan Indonesia kepada Shayne Pattynama disetujui Komisi X DPR.

“Pertama kami ingin menyampaikan atas nama Kementerian Pemuda Olahraga dan PSSI menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota Komisi X DPR RI yang telah mengadakan raker dan menyetujui dengan permohonan kewarganegaraan ini,” ujar Menpora Amali, diberitakan situs Kemenpora.

Dalam kesempatan ini, Menpora Amali menegaskan, naturalisasi atau kewarganegaraan terhadap pemain sepak bola atau cabang-cabang olahraga manapun itu adalah jangka pendek. Sementara untuk jangka panjang, pihaknya akan tetap mengandalkan pembinaan atlet-atlet muda dalam negeri.

“Jadi kita tidak mengandalkan naturalisasi (jangka panjang), naturalisasi adalah jangka pendek,” kata Menpora Amali.

Menurutnya, naturalisasi untuk jangka pendek tersebut dibutuhkan karena ada kepentingan mendesak. Antara lain, pemain naturalisasi dibutuhkan untuk tim senior dalam pertandingan-pertandingan di FIFA Matchday untuk meningkatkan peringkat Indonesia.

“Oleh karena itu, kita sangat membutuhkan pemain-pemain seperti yang sudah kita naturalisasi. Seperti dua orang (Jordi Amat dan Sandy Walsh) ditambah hari ini Shayne Elian Jay Pattynama,” katanya.

“Tetapi sekali lagi, kita tetap bertumpu kepada pembinaan karena talenta kita. Tidak kurang-kurang, akademi-akademi di klub-klub itu juga melakukan pembinaan,” tegasnya.

Artikel Terkait