Komisi VI DPR Cecar Adhi Karya Soal Proyek Jalan Tol Solo dan Kulonprogo

Forumterkininews.id, Jakarta- Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron mencecar PT Adhi Karya (Persero). Hal initerkait proyek pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan SPAM Karian yang tak kunjung selesai.

Dikatakan Herman, pembangunan tol di daerah tersebut penting untuk menunjang akses masyarakat utamanya menuju ke Bandara Internasional Yogyakarta.

Sehingga penyelesaiannya harus maksimal dan tak berlarut- larut.

“Kemudian untuk pembangunan Jalan Tol Bawen-Solo-Yogyakarta kapan pak selesainya? Selama itu belum selesai sepertinya lewat darat lebih enak daripada kalau dari Jogja ke Kulonprogo harus menempuh jarak waktu antara satu sampai dua jam,” tanya Herman saat rapat kerja dengan PT Adhi Karya di Gedung DPR, Rabu (9/11).

Lebih lanjut, menurutnya, pembangunan jalan tersebut harus disosialisasikan kepada masyarakat.

“Kalau kemudian masyarakat luas tidak mengetahui bahwa sedang dibangun tol untuk aksesibilitas ke Kulon Progo, ya Angkasa Pura I akan rugi terus di situ,”tandas Herman.

Menurutnya, kerugian akan didapat karena penumpangnya semakin berkurang dan mereka lebih mengakses jalan ke Solo atau ke Semarang.

Diketahui, PT Adhi Karya merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menerima PMN Tunai tahun 2022 sebesar Rp1,976 triliun.

Dan akan diikuti dengan pelaksanaan Right Issue Publik dengan nilai Rp1,898 triliun.

PMN tersebut dipaparkan oleh Direktur Utama PT Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson. PMN akan digunakan untuk proyek Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan SPAM Karian.

Artikel Terkait