Senin, Joe Biden Bertemu Xi Jinping di Bali

Forumterkininews.id, Bali – Presiden AS Joe Biden diagendakan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping secara langsung pada Senin, (14/11) dalam rangkaian KTT G20 di Bali, Indonesia.

Melansir AP, ini akan menjadi pertemuan langsung pertama antara para pemimpin dua ekonomi terbesar dunia itu sejak Biden menjadi presiden AS pada Januari 2021.

Sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keduanya  akan bertemu untuk membahas upaya mempertahankan dan memperdalam jalur komunikasi dua negara.

Gedung Putih telah bekerja dengan para pejabat China selama beberapa minggu terakhir untuk mengatur pertemuan tersebut.

Biden pada hari Rabu mengatakan kepada wartawan bahwa ia dan Xi akan membahas meningkatnya ketegangan antara Washington dan Beijing mengenai Taiwan, kebijakan perdagangan, hubungan Beijing dengan Rusia dan banyak lagi.

“Apa yang ingin saya lakukan dengannya adalah menjelaskan apa garis merah kita masing-masing dan memahami apa yang dia yakini sebagai kepentingan nasional kritis China, apa yang saya tahu sebagai kepentingan kritis Amerika Serikat,” kata Biden.

Sementara itu, juru bicara kementerian luar negeri China Zhao Lijian mengatakan China sedang mencari kerja sama yang saling menguntungkan dengan AS.

“AS perlu berhenti mengaburkan, melubangi, dan mendistorsi prinsip Satu China, mematuhi norma-norma dasar dalam hubungan internasional, termasuk menghormati kedaulatan negara lain, integritas teritorial, dan tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain,” katanya.

Artikel Terkait