Tekan Penyebaran Covid-19, Karutan Salemba Berharap Napi Bisa Disebar

Forumterkininews.id, Jakarta – Over Kapasitas hunian di Rumah Tahanan Salemba menjadi perhatian. Pasalnya dari kapasitas 1.500 Napi, Rutan ini dihuni 3.352 Napi.

Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Selamba kelas 1 Jakarta Pusat Fauzi Harahap warga binaan bisa disebar ke sejumlah Rutan dan Lapas. Tujuannya agar bisa menekan over kapasitas dan tingginya kasus covid-19 di DKI Jakarta.

“Guna mengurangi dari komposisi di dalam, dan memungkinkan kondisi-kondisi yang kita tempuh. Contohnya kita akan pindahkan ke tempat lain dan akan ada pemerataan ke tempat yang lain,” ucap Fauz.

Fauzi menambahkan, dengan melonjaknya kasus sebaran Covid-19 di Jakarta. Jajarannya juga telah menggencarkan vaksinasi bagi para warga binaan. Namun, hal itu sedikit terkendala. Sebab, banyaknya warga binaan yang keluar masuk dari rutan tersebut.

“Dalam pemenuhan hak vaksin sudah semua di vaksin warga binaan, namun karena ini rutan fruktuasi dari pada keluar dan masuknya warga binaan tidak bisa kita tentukan sesuai dengan proses dari pada penahanan stake holder pihak lain yang di dalam,” paparnya.

Fauzi menuturkan, demi menekan lonjakan covid-19 di kalangan para napi, pihaknya juga bakal mengecek kesehatan warga binaan terlebih dahulu sebelum memindahkan ke rutan yang lain. Termasuk, bagi warga binaan yang baru.

“Kalau masih tahan kita lakukan masa pengenalan lingkungan nantinya dari medis selesai periksa kondisi napi yang baru, baru kita pindahkan,” pungkasnya.

Artikel Terkait