G20 Gelar Pertemuan Darurat Bahas Serangan Rudal Rusia di Polandia

Forumterkininews.id, Bali – Para pemimpin negara G20 akan mengadakan  pertemuan darurat pada Rabu, (16/11) untuk membahas serangan rudal Rusia di Polandia.

Melansir Reuters, Kementerian luar negeri Polandia mengatakan, roket itu jatuh pada Selasa pukul 15:40 di Przewodow, sebuah desa di Polandia timur sekitar 6 kilometer (3-1/2 mil) dari perbatasan dengan Ukraina. Dua  orang warga Polandia dilaporkan tewas dalam insiden itu.

Seorang warga yang menolak disebutkan namanya mengatakan, kedua korban adalah laki-laki yang berada di dekat area penimbangan fasilitas biji-bijian.

Sementara itu, Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan tidak ada bukti nyata yang menunjukkan siapa yang menembakkan rudal tersebut. Dia mengatakan pemerintah sedang bertindak dan meminta warganya tetap tenang.

Amerika Serikat dan sekutu Barat mengatakan mereka sedang menyelidiki tetapi tidak dapat mengkonfirmasi laporan bahwa rudal Rusia yang salah sasaran mendarat di desa tersebut.

Diketahui, Polandia yang merupakan anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) berkomitmen untuk pertahanan kolektif berdasarkan Pasal 5.

Sehingga serangan Rusia ke Polandia dapat berisiko memperluas konflik antara Rusia dan Ukraina, yang dimulai dengan invasi Moskow pada Februari.

Artikel Terkait