Bikin Kaget, Korut Kembali Tembakkan Rudal Balistik Lintas Benua

Forumterkininews.id, Tokyo – Korea Utara kembali menembakkan rudal balistik antarbenua (ICMB) Jumat, (18/11).

Melansir Reuters, rudal itu diketahui mendarat hanya 200 kilometer (130 mil) dari lepas pantai Jepang dan memiliki jangkauan yang cukup untuk mencapai daratan Amerika Serikat.

Peluncuran tersebut terjadi sehari setelah peluncuran rudal yang lebih kecil oleh Korea Utara. Hal ini dilaporkan pejabat Korea Selatan dan Jepang. Menurut Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada, rudal terbaru itu mampu terbang sejauh 15.000 km.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan, belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan. Tetapi peluncuran rudal Korut berulang kali tidak dapat ditoleransi.

Peluncuran pada  Jumat akan menjadi uji coba ICBM kedelapan tahun ini oleh Korea Utara, berdasarkan penghitungan dari Departemen Luar Negeri AS.

Rudal juga meluncur bertepatan ketika Wakil Presiden AS Kamala Harris berada di Thailand untuk KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC).

Yang mana forum itu digelar di tengah ketegangan geopolitik atas perang di Ukraina. Juga titik konflik lainnya seperti Taiwan dan semenanjung Korea.

ICBM adalah senjata jarak jauh Korea Utara dan dirancang untuk membawa hulu ledak nuklir sejauh mana pun di benua Amerika Serikat.

Artikel Terkait