Presidensi G20 Jadi Bukti Indonesia Serius Wujudkan Cita-cita Perdamaian Dunia

Forumterkininews.id, Jakarta – Pelaksanaan Presidensi G20 yang digelar pada tanggal 15 – 16 November 2022 di Bali berlangsung sukses. Hal ini sejatinya menjadi kesuksesan bersama seluruh rakyat Indonesia akan pentingnya menciptakan rasa aman dan nyaman demi mendorong terwujudnya perdamaian. 

Pengamat kebijakan publik, Dr. Trubus Rahardiansyah, SH, MH, MS menilai bahwa perhelatan G20 yang berjalan sukses dan aman dari segala ancaman baik luar dan dalam negeri. Dirinya menuturkan bahwa masyarakat Indonesia sudah pada tataran sebagai bangsa yang memiliki kesadaran akan pentingnya perdamaian. 

Kesuksesan G20 telah menyadarkan kita tentang pentingnya perdamaian. Karena negara Indonesia sudah menjadi pemimpin dan teladan bagi negara lain dalam mewujudkan perdamaian dunia,” ujarnya.

Dirinya melanjutkan, stabilitas dan kondisi di dalam negeri dalam lingkup masyarakat selama gelaran G20 yang aman dari kegaduhan hoax serta narasi radikalisme. 

Trubus juga mengamati bahwa gambaran toleransi yang ditunjukkan oleh para pemimpin dunia. Sangat sesuai dengan nilai toleransi yang didefinisikan dalam Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

Untuk itu, dia menekankan pentingnya masyarakat untuk bisa terus mempertahankan kondisi sosial yang ada saat ini. Tidak hanya dalam momen gelaran G20, namun mampu berkelanjutan.

Tentunya, kita harus membangun sinergitas kolaboratif antara pemerintah dan publik atau masyarakat yang bagaimana kemudian sosialisasi, edukasi dan komunikasi publik yang baik akan melahirkan suatu kesamaan dalam mengambil sikap,” ucapnya.

Pasalnya, dia menilai target perubahan tersebut menurutnya memerlukan kekompakan, integrasi, sinergitas dan penyatuan langkah. Untuk menyongsong perubahan-perubahan. Hal itulah yang menurutnya perlu untuk terus ditekankan kepada semua pihak, khususnya anak muda.

Menurutnya, hal tersebut sebagai upaya bagaimana para generasi muda ini juga bisa menghormati terhadap budaya lokal dan juga bagaimana mereka juga dapat menjunjung perbedaan-perbedaan itu sebagai sebuah keniscayaan yang harus sama-sama dijunjung dalam NKRI yaitu melalui nilai Bhinneka Tunggal Ika. 

Artikel Terkait