Ridwan Soplanit Sebut Ferdy Sambo Lakukan Intervensi Penanganan Olah TKP

Forumterkininews.id, Jakarta – AKBP Ridwan Soplanit mengaku Ferdy Sambo memintanya untuk tidak melakukan interogasi terlalu keras terhadap Bharada Richard Eliezer atau Bharada E. Hal itu pada saat melakukan olah TKP dan pemeriksaan saksi,

AKBP Ridwan Soplanit menjadi salah satu saksi yang dihadirkan di persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) pada hari ini. Dengan terdakwa Kuat Ma’ruf, Bripka Ricky Rizal dan Bharada RE.

“Kanit saya, persis saya di situ dan kanit saya, dia melakukan interogasi terhadap Bharada E. Kemudian, Pak FS saat itu datang. Kemudian menyampaikan untuk ditanyakan jangan terlalu keras-keras,” kata Ridwan ketika memberikan kesaksian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (21/11).

Dia kembali mendapatkan intervensi dari Ferdy Sambo. Pada saat melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan penanganan kasus pembunuhan terhadap Brigadir J,

“Kenapa sampai intervensi, apa katanya,” tanya hakim.

“Saya yang melakukan interogasi juga ada (intervensi) penekanan atau larangan tidak boleh terlalu keras (menanyakan kepada saksi dan pelaku),” jawab AKBP Ridwan.

“Itu ditekankan oleh siapa,” tanya hakim kembali.

“Waktu itu dari Pak FS (Ferdy Sambo) ke Kanit Reskrim saya. Saya juga ada di TKP saat itu. Pada saat interogasi Bharada E,” jawab AKBP Ridwan Soplanit.

Ridwan mengakui mengalami penekanan dan larangan dari Ferdy Sambo untuk tidak menginterogasi Bharada E terlalu keras.

Selain itu, ia juga mengakui bahwa selama dirinya bertugas di Reserse, ini adalah pertama kalinya terdapat intervensi ketika melakukan olah TKP.

“Memang dari penanganan awal. Memang yang tadi, saya bilang di TKP tidak boleh rame-rame dan ada beberapa penyidik,” ucap Ridwan.

Artikel Terkait

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Tersangka Sempat Beli Gorengan Sebelum Perkosa-Bunuh Gadis Penjual Gorengan

FT News - Polisi mengungkap kronologi pemerkosaan dan pembunuhan...

Edarkan Ganja, Pria Paruh Baya di Langkat Dicokok Polisi

FT News - Polisi menangkap seorang pengedar narkoba jenis...