Komisi III Minta Polri Terjunkan Tim Dokkes Tangani Korban Gempa Cianjur

Forumterkininews.id, Jakarta- Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi meminta Polri menerjunkan Tim Dokter Kesehatan ke lokasi gempa di Kabupaten Cianjur. Nantinya tim Dokkes bisa menangani korban gempa bumi .

“Saya mendorong agar kepolisian dapat menurunkan Tim Dokter Kesehatan Polri. Kemudian mendirikan posko kesehatan, menjaga keamanan, dan ketertiban pasca gempa yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat,” kata Andi dalam keterangannya, Rabu (23/11).

Dikatakan Andi, keberadaan tim Dokkes Polri di tengah-tengah para korban dan masyarakat terdampak gempa Cianjur diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman.

Andi berharap, nantinya tim Dokter Kesehatan juga menaruh perhatian khusus untuk korban berusia lanjut, ibu hamil, dan anak anak. Andi juga mengingatkan polri untuk berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan yang berada di lapangan.

“Berikan layanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat korban gempa. Mari kita ringankan beban mereka dan mencukupi kebutuhan korban gempa,” tandas Andi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih melakukan upaya pencarian dan evakuasi korban gempa Cianjur, Jawa Barat. Sejauh ini dapat dipastikan sebanyak 268 orang meninggal akibat kejadian tersebut. Sementara 122 orang diantaranya telah diidentifikasi.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur Senin siang. Setidaknya 10 kecamatan terdampak, yakni Kecamatan Cianjur, Kecamatan Karang Tengah, Kecamatan Warungkondang.

Kemudian Kecamatan Cilaku, Kecamatan Gekbrong, Kecamatan Cugenang, Kecamatan Cibeber, Kecataman Sukaluyu, Kecamatan Sukaresmi, dan Kecamatan Pacet.

Sementara kerugian material tercatat 22.198 unit, dengan kondisi rusak berat 6.570, rusak sedang 2.071 unit dan rusak ringan 12.641 unit.

Tim SAR dalam operasi SAR tersebut dibagi dalam 6 sektor, masing-masing tim Alfa, Bravo, Charlie, Delta, Echo, dan Foxtrot. Tim SAR terdiri dari Basarnas, TNI, Polri, dan Potensi SAR lainnya.

Artikel Terkait