5 Cara Agar Kamu Jadi Orang tua Yang baik

Forumterkininews.id, Jakarta- Menjadi orang tua yang baik memang tidak mudah, karena akan banyak tantangan yang akan kita temui nantinya.

Kamu mungkin akan merasa takut, lelah, atau mungkin stres ketika memikirkan  apakah bisa menjadi orang tua yang baik atau tidak.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, kamu perlu memahami dan mempelajari menjadi sosok orang tua yang baik dan panutan untuk anakmu.

Berikut adalah 5 cara yang dapat kamu terapkan dalam mengasuh anak yang baik.

Menjadi Panutan yang Baik

Cara terbaik dalam mengajar anak adalah dengan menunjukkan kepada mereka secara langsung. Jangan hanya memberitahu apa yang kamu ingin mereka lakukan.

Manusia merupakan spesies khusus, karena kita dapat belajar dengan meniru apa yang kita lihat. Kita diprogram untuk menyalin tindakan orang lain.

Oleh karena itu, memberikan contoh dalam bertindak dan berperilaku yang baik kepada anak merupakan langkah pertama yang bisa kamu lakukan.

Tunjukkan Cinta Terhadap Mereka Melalui Tindakan

Menujukan kasih sayang dan cinta kepada anak dapat dilakukan melalaui hal sederhana seperti memberikan pelukan, menghabiskan waktu bersama, mendengarkan masalah mereka, dan mengapresiasi apa yang mereka lakukan.

Tindakan cinta ini dapat memicu pelepasan hormon feel-good seperti oksitosin yang nantinya akan memberi kita rasa tenang, kehangatan emosional, dan tentu saja membuat hubungan semakin dekat.

Pola Asuh Positif yang Baik dan Tegas 

Berikan anak interaksi keluarga yang positif, karena mereka diciptakan, diperkuat, dan “dipahat” melalui pengalaman dari seluruh hidup kita.

Lingkungan positif yang mereka dapatkan tidak hanya menciptakan koneksi saraf yang baik bagi otak anak, tetapi juga membentuk kenangan yang akan mereka bawa seumur hidup.

Mereka juga akan menerapkan apa yang didapatkan dari lingkungannya. Dalam hal disiplin terutama masalah perilaku jangan menerapkan kekerasan.

BACA JUGA:   Harnaaz Sandhu dari India Dinobatkan Sebagai Miss Universe ke-70

Menjadi orang tua yang baik berarti kamu perlu mengajari anak moral mana yang benar san salah. Menetapkan batasan dan konsisten merupakan aturan utama untuk disiplin yang baik.

Jadilah Tempat Berlindung Untuk Anak

Menjadi orang tua yang responsif dan peka terhadap kebutuhan anak akan memberikan dampak besar pada pertumbuhan mereka.

Anak-anak yang dibesarkan oleh orang tua yang responsif secara konsisten cenderung memiliki perkembangan lebih baik pada regulasi emosional, pengembangan keterampilan sosial dan kesehatan mental mereka.

Dukung dan terima mereka sebagai individu. Jadilah tempat yang hangat dan aman bagi mereka untuk berlindung.

Menjalin Komunikasi dengan Baik

Sebagian besar dari kita sudah tahu pentingnya komunikasi. Bicara, mendengarkan anak, dan menjaga komunikasi  akan membuat hubungan menjadi semakin baik.

Kamu tidak perlu memberikan solusi ketika mereka datang karena dalam masalah. Tidak perlu memiliki semua jawaban untuk menjadi orang tua yang baik. Cukup dengarkan mereka berbicara.

Artikel Terkait

IShowSpeed Naik Ayunan di Pinggir Tebing: Santai, Santai!

FT News - Dalam rangka tur di negara ASEAN, Youtuber...

Sah! Gamers Cantik Listy Chan Mualaf

Nama Listy Chan, gamers cantik yang sempat populer di...

Duo Anggrek Comeback Lewat Mekar: Lebih Fresh

Penghujung tahun 2024, Duo Anggrek yang diawaki Devay dan...

Salim Nauderer Ngaku Selingkuh, Rachel Vennya Diteror Ayah Azizah Salsha?

Ahmad Ramzy, mantan kuasa hukum Salim Nauderer memastikan kalau...