Dituding Menistakan Agama, Komedian Sule, Budi Dalton, dan Mang Saswi Dilaporkan ke Polisi

Forumterkininews.id, Jakarta – Aliansi Masyarakat Pecinta Rasulullah (AMPERA) melaporkan tiga orang ternama di Indonesia ke Polda Metro Jaya. Hal ini akibat menistakan agama dengan mengatakan “Miras Minuman Rasulullah”, pada Rabu (23/11).

Adapun laporannya telah teregister dengan nomor LP/B/5984/XI/2022/Polda Metro Jaya tertanggal 23 November 2022.

Ketua Aliansi Masyarakat Pecinta Rasulullah (AMPERA), Syahrul Rizal mengatakan tiga orang yang dilaporkan adalah Budi Setiawan Garda Pandawa alias Budi Dalton, Sutisna alias Sule, dan Sasongko Widjanarko alias Mang Saswi.

“Ketiganya kami anggap sangat menyinggung umat beragama dan berpotensi untuk mengganggu atau membuat keonaran,” kata Syahrul, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (23/11).

Lebih lanjut ia mengatakan ketiganya dianggap menyinggung SARA. Akibat adanya pernyataan Budi Dalton dalam konten Youtube yang menyatakan Miras merupakan minuman rasulullah.

Kemudian Sule dan Mang Saswi ikut terlibat meski ucapan itu hanya dilontarkan oleh Budi Dalton.

“Itu dalam satu kejadian yang sama, nah ketika budi dalton menyatakan bahwa miras minuman Rasulullah. Mereka secara reflek dan spontan tertawa. Disitu kami beranggapan bahwa mereka terlibat dalam ucapan yang disampaikan Budi Dalton,” ujar Syahrul.

“Maka berangkat dari video yang dipublikasikan itu kami yang tergabung dalam AMPERA ke sini (Polda Metro Jaya. Untuk melaporkan secara resmi ketiga nama di video itu,” lanjut Syahrul.

Terkait hal ini adapun barang bukti yang diserahkan yaitu bukti video yang dimasukan dalam flashdisk. Mereka juga mengajukan dua saksi yang memberikan informasi kejadian mengenai tersebarnya video tersebut.

Sementara itu dalam laporannya ia mempersangkakan Budi Dalton, Sule dan Mang Saswi dengan pasal 28 ayat 2 juncto pasal 45A ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 19 tahun 2016. Tentang perubahan atas Undang-Undang RI nomor 11 tahun 2008 tentang ITE dan atau pasal 156 KUHP juncto Pasal 156A KUHP soal ujaran kebencian berunsur SARA.

Artikel Terkait