Hari ke Empat Operasi Pencarian dan Penyelamatan, Tim Gabungan Fokus ke Dua Lokasi

Forumterkininews.id, Jakarta – Hari ke empat operasi pencarian dan penyelamatan korban gempa di Kabupaten Cianjur, Tim SAR Gabungan dibagi menjadi dua worksites. Keduanya yakni Warung Sate Shinta dan Cijedil.

Masing-masing sites dibagi menjadi dua Search and Rescue Unit (SRU). SRU pertama mulai pkl 07.30 – 12.00 dan SRU kedua mulai pkl 12.00 – 18.00.

Serah terima SRU 1 kepada SRU 2 dilakukam di sites masing-masing lokasi. Nantinya tim ini akan melakukan pencarian dan evakuasi terhadap 40 orang warga yang masih dilaporkan hilang pasca gempa bumi 5.6 SR di Kec. Cugenang Kab. Cianjur.

Kepala Kantor SAR Bandung selaku SAR Mission Coordinator, Jumaril menyebut berdasarkan hasil evaluasi dan briefing rencana operasi SAR hari ini akan dibagi menjadi 2 worksite dan 2 shift. Yaitu Worksite A dan Worksite B serta assesmen SAR di 12 kecamatan terdampak dengan rincian sebagai berikut:

Untuk Worksite A yang berlokasi di sekitaran Warung Sate Shinta shift pertama beranggotakan 153 personel dilengkapi lima anjing pelacak. Sementara untuk shift dua beranggotakan 157 personel dilengkapi empat personel life detector.

Selanjutnya untuk Worksite B berlokaksi di  Desa Cijedil Rt.3 Rw. 1 Kec. Cugenang. Dimana shift pertama beranggotakan 147 Personil yang dilengkapi personel Technical Search Life Detector. Kemudian di shift kedua ada 149 personel beserta empat ekor anjing pelacak.

Assessment Search and Rescue di 12 Kecamatan oleh 264 personil untuk memastikan tidak ada korban yang perlu evakuasi.

“Target pencarian hari ini yaitu menemukan korban di kedua worksite tersebut dan memastikan bahwa di 12 kecamatan terdampak sudah tidak ada lagi yang perlu dievakuasi,” ujarnya.

Setiap SRU diharapkan dapat melaksanakan aksi pencarian dan pertolongan pada worksites yang telah ditentukan, SRU juga melakukan pengecekan/asesmen wilayah terdampak gempa apabila menerima informasi ada yang memerlukan bantuan pencarian dan pertolongan selanjutnya Jika korban ditemukan akan di evakuasi ke RSUD Cianjur menggunakan ambulance dari pihak Desa.

Artikel Terkait