Mitos atau Fakta, Jeruk Nipis dan Kecap Dapat Sembuhkan Batuk

Forumterkininews.id, Jakarta – Jeruk nipis dan kecap disebut-sebut bisa menjadi obat herbal alami yang dipercaya untuk sembuhkan batuk. Apakah mitos atau fakta? Disadari atau tidak ramuan herbal ini menjadi salah satu obat herbal yang banyak dipakai untuk sembuhkan batuk.

Selain murah dan bahan mudah didapat, obat herbal ini bisa dengan mudah dibuat. Namun benarkah mitos jeruk nipis dan kecap sembuhkan batuk?

Tahukah kamu, nyatanya larutan air yang dicampur perasan jeruk nipis dan kecap manis telah menjadi resep warisan turun-temurun untuk menyembuhkan batuk. Namun, sebenarnya apa yang terkandung dalam jeruk nipis dan kecap sehingga dipercaya sebagai obat alami yang ampuh menyembuhkan batuk dan gejala lain seperti tenggorokan gatal?

Simak penjelasan dan cara membuat obat batuk dari jeruk nipis berikut yang dikutip dari hellosehat.com!

Salah satu bahan alami yang biasa diandalkan sebagai obat alami untuk mengatasi batuk adalah jeruk nipis. Buah yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia ini mengandung minyak atsiri dan zat lain yang mampu melemaskan otot-otot saluran pernapasan.

Jeruk nipis juga dipercaya berkhasiat mengatasi berbagai gangguan kesehatan lain yang mungkin muncul bersamaan dengan batuk.

Dalam sebuah studi African Journal of Tradisional diketahui bahwa jeruk nipis mengandung berbagai zat antimikroba yang bisa membantu proses pemulihan tubuh dari infeksi kuman penyakit. Oleh karena itu, jeruk nipis tidak hanya bisa meredakan batuk. Gejala lain yang menyertai batuk seperti, demam, perih dan gatal di tenggorokan juga dapat dihilangkan dengan jeruk nipis.

Kandungan antimikroba pada jerus nipis juga tetap berfungsi efektif sekalipun telah dilarutkan ke dalam air. Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan ini juga diketahui bisa bekerja lebih baik. Apabila pemakaiannya dikombinasikan dengan obat herbal lainnya, yaitu bahan-bahan alami yang telah digunakan sejak lama sebagai obat-obatan.

BACA JUGA:   Mantan Suami Artis yang Diduga Lepaskan Tembakan di Jaktim Ditangkap!

Adapun kecap sebenarnya tidak ada manfaat khusus untuk mengatasi gangguan pernapasan (batuk). Penggunaan kecap hanya bertujuan untuk mengurangi rasa asam dari jeruk nipis.

Selain dengan kecap, James Steckelberg M.D, dokter dari Mayo Medical School merekomendasikan penggunaan jeruk nipis sebagi obat batuk untuk dicampur dengan madu agar lebih efektif meredakan batuk.

Beberapa penelitian, salah satunya dari Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine menyebutkan bahwa madu juga memiliki kandungan antibakteri yang bisa mempercepat penyembuhan luka akibat peradangan di dalam tubuh.

Mau coba? Semoga berkhasiat ya!

Artikel Terkait

Trauma Masa Kecil, Surya Saputra Pernah Gagap

Surya Saputra bercerita soal masa lalu yang ternyata, dilewati...

Nasihati El Rumi Jangan jadi Buaya Darat, Maia Estianty: Jangan Seperti…

Maia Estianty memberikan nasihat kepada El Rumi untuk tidak...

Nggak Pacaran, Tingkah Prilly Latuconsina dan Dikta Malah bikin Baper

Prilly Latuconsina dan Dikta dikabarkan berpacaran. Namun dari keduanya,...

Selamat! Aurelie Moeremans Dilamar sang Kekasih

Kabar bahagia datang dari Aurelie Moeremans. Bintang film Partikelir...