NATO Siap Bekingi Ukraina Selama Perang Lawan Rusia

Forumterkininews.id, Kiev- NATO bertekad membantu Ukraina mempertahankan diri melawan Rusia. Bantuan ini diberikan selama hal itu diperlukan dalam perlawanan dan pertahanan.

Sekretaris Jenderal NATO  Jens Stoltenberg juga bersumpah pihaknya akan membantu negara yang dilanda perang. Hal ini dikatakan Stoltenberg Jumat, (25/11). Dirinya juga akan  mengubah angkatan bersenjatanya menjadi tentara modern dengan standar Barat

“NATO akan terus mendukung Ukraina selama diperlukan. Kami tidak akan mundur,” kata mantan perdana menteri Norwegia itu dikutip Reuters.

Berbicara kepada wartawan menjelang pertemuan menteri luar negeri NATO, Stoltenberg mendesak negara-negara yang ingin, baik secara individu maupun kelompok, untuk tetap menyediakan sistem pertahanan udara dan senjata lainnya ke Ukraina.

Karena katanya, NATO sebagai organisasi tidak memasok senjata.

“Sekutu memberikan dukungan militer yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan saya berharap para menteri luar negeri juga akan setuju untuk meningkatkan dukungan yang tidak mematikan.”imbuhnya.

Stoltenberg mengatakan bahwa anggota organisasi keamanan 30 negara itu telah mengirimkan bahan bakar, generator, pasokan medis, peralatan musim dingin, dan perangkat pengacau drone ke Ukraina.

Tetapi lebih banyak lagi akan dibutuhkan saat musim dingin tiba, terutama karena Rusia menyerang infrastruktur energi Ukraina.

Artikel Terkait