Ini Dampak Sering Begadang Bagi Remaja

Forumterkininews.id, Jakarta – Begadang dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah berjaga tidak tidur sampai larut malam. Pada umumnya tubuh manusia sudah disetting dengan jam biologis (ritme sirkadian) saat malam hari akan beristirahat dengan tidur dan saat siang hari akan beraktivitas.

Mengutip Alodokter.com, menurut dr. Devika Yuldhira kebiasaan begadang meskipun saat siang hari tetap tidur hingga 8 jam, dapat mengubah jam biologis manusia. Apabila jam biologis berubah, akan lebih sulit untuk mengembalikan jam biologis ke kondisi normal seperti semula. Dengan demikian meskipun tubuh sudah tidur 8 jam per hari, tetapi apabila kita tidak tidur pada malam hari tentu hal tersebut bisa mempengaruhi tubuh kita, tentu efek negatif yang akan muncul.

Begadang atau tidak tidur sepanjang malam, merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh orang dewasa. Namun sekarang ini atau di zaman modern sekarang ini, begadang tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja. Para remaja yang masih berusia belasan tahun pun sudah banyak yang ikut begadang.

Begadang dapat diartikan sebagai menunda waktu untuk istirahat, menunda tidur malam, dan menghabiskan waktu malam. Tahukah kamu jika begadang itu mempunyai efek buruk untuk kesehatan? Oleh karena itu, Forumterkininews.id akan mengulas informasi tentang efek negatif keseringan begadang bagi pertumbuhan remaja. Berikut ulasannya, simak sampai habis ya!

1. System kekebalan tubuh menyusut

Apakahkamu tahu bahwa remaja jika tidur ketika sudah larut malam maka akan menghancurkan beberapa sel darah putih. Sel darah putih ini berfungsi untuk kekebalan tubuh. Oleh sebab itu sebaiknya hindari tidur larut malam sebab jika kekebalan tubuh menjadi menurun, maka dapat dipastikkan kamu akan mudah sakit. Dan tentunya ini akan sangat merugikan kamu yang masih remaja, karena dapat mengahambat segala aktifitas.

BACA JUGA:   Pelapor dan Saksi dalam Kasus Dugaan Penggelapan Dana Mario Teguh Bakal Diperiksa

2. Konsentrasi menurun

Bagi kamu yang berstatus pelajar, kurang tidur maka akan dapat mengakibatkan terganggunya konsentrasi saat kamu sedang belajar dan tentu kamu bisa mengantuk pada saat guru menerangkan materi di kelas. Lalu akan berdampak buruk untuk nilai akademik kamu tentunya.

3. Tambah gemuk

Tidur malam mempunyai dampak negatif pada berat badan kamu yang mungkin saja mengakibatkan penurunan berat badan, tetapi seringkali yang terjadi adalah pesatnya penambahan berat badan.

Kurang tidur beresiko negatif pada kandungan hormon didalam tubuh. Dengan cara khusus, hormon leptin serta ghrelin, yang memerankan peranutama dalam fungsi kelaparan serta nafsu makan, bisa jadi tidak seimbang.

Ghrelin merangsang badan untuk makan, dan leptin memerankan fungsi memberi informasi pada tubuh bahwa kamu telah kenyang. kurang tidur mengakibatkan tingkat ghrelin bertambah serta tingkat leptin alami penurunan, yang kerap menyebabkan makan terlalu berlebih yang mengakibatkan penambahan berat badan.

4. Stres

Karena kurang tidur kamu akan sering merasakan stress, sering geram, marah-marah, serta terlihat mudah emosi dalam melakukan sesuatu. Tentu ini sangat merugikan, karena memberikan efek penuaan dini pada wajah.

5. Mengakibatkan penyakit jantung dan stroke

Sering Tidur larut malam yang berkelanjutan membuat kamu akan rawan pada penyakit jantung serta dapat berbuntut pada penyakit stroke. Sebab ketika istirahat kurang maksimal akan membuat tekanan darah meningkat lantaran tidak memperoleh istirahat yang cukup. tentunya kamu tidak ingin mudah terkena serangan jantung dan stroke di masa remaja ini kan?

 

Artikel Terkait

Menyambangi ET 45 Toko Rilisan Fisik Legendaris di Medan

FT News - Bagi pecinta musik, tak lengkap rasanya...

Baim Cilik: Lolly Nggak Waras

FT News – Baim Cilik menyebut Lolly anak Nikita...

IShowSpeed Kontak Mamat Alkatiri, Minta Ditemenin ke Papua

FT News – Komika Mamat Alkatiri dihubungi oleh tim...

Nikita Mirzani Sebut Khodam Razman Arif Nasution Kura-Kura Ninja

FT News – Nikita Mirzani Mawardi meluapkan emosinya melalui...

IShowSpeed Naik Ayunan di Pinggir Tebing: Santai, Santai!

FT News - Dalam rangka tur di negara ASEAN, Youtuber...