Flu Burung, Ceko Musnahkan 15.000 Ekor Bebek

Forumterkininews.id, Praha - Dokter hewan Ceko mulai memusnahkan sekitar 15.000 ekor bebek di pabrik peternakan di wilayah South Bohemia negara itu pada Senin, (5/12) karena wabah flu burung.

Kantor Berita Ceko (CTK) mengatakan, awalnya ada sekitar 22.000 burung di peternakan di Frahelz, tetapi beberapa ribu telah mati dalam seminggu terakhir. Ini juga adalah wabah flu burung terbesar yang pernah terdeteksi di wilayah tersebut.

“Bebek itu terinfeksi flu burung H5N1 yang sangat patogen oleh unggas air liar,”lapor CTK dikutip Xinhua.

Dokter hewan negara bagian telah menetapkan zona perlindungan sepanjang tiga kilometer di sekitar peternakan, dan zona pengawasan sepanjang sepuluh kilometer. Pergerakan burung di dalam zona ini juga telah dipantau secara ketat.

Sebelumnya, Republik Ceko tidak mendeteksi wabah flu burung selama tujuh bulan. Meski telah terjadi di beberapa negara wabah tersebut dalam beberapa tahun terakhir. Pada Januari 2020, pihak berwenang mendeteksi wabah pertama dalam tiga tahun.

Bulan berikutnya, wabah lain ditemukan di pabrik peternakan di wilayah Pardubice tengah. Penemuan ini membuat otoritas setempat memusnahkan lebih dari 100.000 unggas mengandung sub-strain H5N8 yang sangat patogen.

Artikel Terkait