Ini Prioritas Kerja Yudo Margono Usai Disahkan Jadi Panglima

Forumterkininews.id, Jakarta- Usai disahkan sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa, Yudo Margono menyebut punya sejumlah prioritas kerja ke depan.

Kepada awak media sesaat setelah pengesahannya oleh DPR, Yudo mengatakan salah satu prioritas utamanya adalah akselerasi Sumber Daya Manusia (SDM) di tubuh TNI yang profesional.

“Kemarin tentang 4 prioritas saya, pertama adalah akselerasi SDM. Ini merupakan yang utama dalam meningkatkan TNI dimulai harus dengan SDM yang profesional. Karena tanpa itu semua, sulit akan mewujudkan itu,” kata Yudo dalam konferensi pers di Gedung Nusantara II DPR RI, Selasa (13/12).

Kemudian katanya, adalah soal operasional yang akan lebih cepat nantinya karena menjadi prioritasnya sejak awal.

”Kita juga akan melaksanakan fungsi tugas Kogabwilhan. Yaitu merupakan efektivitas kodam dalam melaskanakan tugas karena sudah dibagi dari wilayah 1,2, 3. Nanti akan kita berdayakan untuk mengendalikan operasi meupun melaksankaan latihan2,” terangnya.

Artinya lanjut Yudo, tugas tanggung jawab tertinggi penuh adalah Panglima. Tapi pendelegasian wewenang pelaksanaan sehari-hari oleh pangkogabwilhan, yang  sifatnya operasi gabungan.

“Kemudian reformasi birokrasi yang seperti kita ketahui bersama, bahwa di saat ini harus clean governement, itu menjadi tugas kita bersama bahwa kita ke depan harus besih. Tentunya dengan reformasi birokrasi ini nanti kita harus merujuk pada kelembagaan yang bersih dan berwibawa,”tandasnya.

Selain itu, adalah prioritas tentang daerah-daerah yang kerawanannya tinggi khususnya di daerah perbatasan laut, darat.

“Kemudian, tentang prioritas tadi yang kemarin sudah saya sampaikan, tanggapan dan saran dari Komisi I untuk daerah-daerah yang kerawanannya tinggi khususnya di daerah perbatasan laut, darat, yang sekarang ini menjadi kerawanan strategis seperti kita ketahui. Mulai Natuna, Papua, Aceh dan sebagainya,”paparnya.

BACA JUGA:   Narkoba di Internal Polri, DPR: Usut Tuntas Jangan Rusak Institusi

Seperti diketahui, Yudo Margono resmi disahkan menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa dalam Rapat Paripurna DPR RI, Selasa (13/12).

Artikel Terkait