Bendung Serangan Rusia, AS Kirim Rudal Pertahanan Udara ke Ukraina

Forumterkininews.id, Washington – Pemerintah Amerika Serikat (AS) nampaknya serius ingin membantu Ukraina. AS berencana untuk mengirimkan Rudal pertahanan udara Patriot

Presiden AS, Joe Biden kemungkinan akan mengumumkan langkah tersebut minggu ini, menurut pejabat yang tidak disebutkan namanya.

Ukraina telah meminta dukungan pertahanan udara lebih lanjut untuk beberapa waktu. Karena serangan Rusia terus membunuh warga sipil dan menyebabkan pemadaman besar.

Patriot adalah salah satu sistem pertahanan udara AS yang paling canggih, tetapi pasokan ke Ukraina kemungkinan akan terbatas. Tidak diketahui berapa banyak baterai yang akan dikirim ke Ukraina.

Setelah langkah tersebut disetujui, sistem tersebut kemungkinan akan dikirim dalam beberapa hari mendatang, dengan tentara Ukraina dilatih untuk menggunakannya di pangkalan Angkatan Darat AS di Grafenwoehr, Jerman, kata para pejabat.

Sementara itu, pihak Rusia menyatakan tidak akan gentar, meski Ukraina mendapatkan bantuan sistem pertahanan rudal patriot dari AS.

Sistem Patriot akan menjadi target yang sah untuk serangan Rusia, kata Kremlin, seperti diberitakan BBC, pada hari Rabu.

Justin Bronk, seorang rekan senior di think-tank pertahanan Rusi, percaya bahwa keputusan AS untuk memasok baterai Patriot terkait dengan kekhawatiran Barat bahwa Iran dapat memasok Rusia dengan rudal balistik jarak jauh.

Artikel Terkait