Delapan Orang Tewas Tertimbun Longsor di Perkemahan Malaysia

Forumterkininews.id, Kuala Lumpur – Badan Penanggulangan Bencana Nasional Malaysia mengatakan delapan orang tewas dan tujuh lainnya luka-luka. Hal ini setelah tanah longsor melanda sebuah perkemahan di dekat Dataran Tinggi Genting, Selangor pada Jumat (16/12) pagi

Melansir CNA, selain korban tewas petugas juga mengatakan ada 60 0rang yang berhasil diselamatkan.

Departemen pemadam kebakaran Malaysia sebelumnya mengatakan total 79 orang telah terjebak dalam tanah longsor. Longsor terjadi di sebuah perkemahan dekat jalan raya dan dekat Pertanian Organik Ayah di Gohtong Jaya.

Kantor berita Bernama melaporkan bahwa seorang anak termasuk di antara korban tewas.

Sementara itu, Direktur Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Selangor Norazam Khamis mengatakan petugas pemadam kebakaran mulai tiba di lokasi sekitar pukul 03.00. Setelah menerima panggilan darurat pada pukul 02.24 dini hari.

“Misi pencarian dan penyelamatan korban sedang dilakukan dengan tim STORM (Special Tactical Operation and Rescue Team of Malaysia),” ujarnya menanggapi pertanyaan Bernama.

Norazam mengatakan tanah longsor jatuh dari perkiraan ketinggian 30m di atas perkemahan, dan menutupi area seluas sekitar 0,4ha.

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengaku kaget dengan kejadian tersebut.

“Saya telah meminta agar operasi pencarian dan penyelamatan dilakukan dengan hati-hati dan sistematis oleh semua badan pemerintah,” katanya.

Dia menambahkan bahwa telah menyarankan para menteri yang mengunjungi lokasi tersebut untuk tidak mengganggu operasi.

Bencana tersebut melanda sekitar 50 km sebelah utara Kuala Lumpur di kota Batang Kali, tepat di luar area puncak bukit Genting Highlands yang populer, yang terkenal dengan resor dan keindahan alamnya.

Artikel Terkait