Dunia Minggu Ini: Undangan AS untuk Rusia hingga Mundurnya Angelina Jolie dari UNHCR

Forumterkininews.id, Jakarta – Pekan kedua Desember 2022 terlewati. Sejumlah peristiwa penting dari berbagai belahan dunia telah menjadi headline dalam seminggu terakhir.

Berikut, deretan peristiwa dunia dalam sepekan yang telah dirangkum tim Forumterkininews.id.

AS Akan Undang Rusia ke KTT APEC Tahun Depan

Amerika Serikat berencana untuk mengundang Rusia pada pertemuan blok Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC). Dimana AS akan menjadi tuan rumahnya tahun depan.

Hal itu diungkapkan Matt Murray, pejabat senior A.S. untuk APEC, dalam jumpa pers di Singapura, dikutip Reuters.

“Sebagai pelayan APEC yang baik, Amerika Serikat akan mengundang Rusia yang merupakan anggota blok 21 negara,” katanya.

Baku Tembak di Pedesaan Australia Tewaskan 6 Orang

Enam orang termasuk dua petugas polisi dilaporkan tewas dalam baku tembak di pedesaan negara bagian Queensland, Australia, Senin (12/12).

Melansir Reuters, informasi awal menunjukkan petugas ditembak dua pelaku bersenjata pada Senin malam. Ini terjadi ketika mereka mendekati kediaman di properti di Wieambilla, 300 km barat laut ibu kota Queensland, Brisbane.

Baca Juga : Belasan Orang Peserta Kemah Tewas Saat Longsor Terjadi di Malaysia

Delapan Orang Tewas Tertimbun Longsor di Perkemahan Malaysia

Badan Penanggulangan Bencana Nasional Malaysia mengatakan delapan orang tewas dan tujuh lainnya luka-luka. Hal ini setelah tanah longsor melanda sebuah perkemahan di dekat Dataran Tinggi Genting, Selangor pada Jumat (16/12) pagi

Melansir CNA, selain korban tewas petugas juga mengatakan ada 60 0rang yang berhasil diselamatkan.

Departemen pemadam kebakaran Malaysia sebelumnya mengatakan total 79 orang telah terjebak dalam tanah longsor. Longsor terjadi di sebuah perkemahan dekat jalan raya dan dekat Pertanian Organik Ayah di Gohtong Jaya.

BACA JUGA:   Delapan Orang Tewas Tertimbun Longsor di Perkemahan Malaysia

Uni Eropa Sepakat Beri Bantuan Lebih ke Ukraina dan Sanksi Baru untuk Rusia

Duta besar Uni Eropa pada Kamis, (15/12) malam menyetujui putaran kesembilan sanksi terhadap Rusia. Selain itu, juga memberikan lampu hijau mereka untuk paket bantuan 18 miliar untuk Ukraina.

Melansir Euronews, paket sanksi baru diselesaikan oleh para duta besar. Hal itu dilakukan di sela-sela pertemuan puncak para pemimpin Uni Eropa di Brussels, Belgia.

Proposal Komisi, yang dirilis minggu lalu, merencanakan 200 individu dan entitas Rusia lainnya akan terkena pembekuan aset dan larangan bepergian.

Angelina Jolie Mundur jadi Utusan Pengungsi PBB

Angelina Jolie mengumumkan pengunduruan dirinya sebagai utusan khusus UNHCR, Sabtu (17/12). Keputusan ini diambil setelah lebih dari 20 tahun dirinya bekerja dengan badan pengungsi PBB itu.

Melansir Reuters, aktris Hollywood 47 tahun itu telah melakukan lebih dari 60 misi lapangan dengan UNHCR. Dirinya juga menyoroti penderitaan jutaan orang yang mengungsi dari rumah mereka selama dua dekade terakhir.

“Setelah 20 tahun bekerja dalam sistem PBB, saya merasa sudah waktunya bagi saya untuk bekerja secara berbeda. Dimana sebelumnya saya terlibat langsung dengan pengungsi dan organisasi lokal, dan mendukung advokasi mereka untuk mencari solusi,” kata Jolie dalam sebuah pernyataan.

Artikel Terkait