Paruh Kedua 2022, Sri Lanka Bangkrut hingga Suksesnya Pagelaran KTT G20 di Bali

Forumterkininews.id, Jakarta – Dua pekan menjelang Tahun Baru 2023, sejumlah peristiwa dunia sepanjang 2022 seolah menjadi refleksi akhir tahun yang patut diteladani. Merangkai peristiwa dunia khususnya di pertengahan tahun hingga akhir, carut marutnya Sri Lanka hingga tragedi Itaewon masih menjadi yang paling tak terlupakan.

Dan berikut rentetan peristiwa dunia sejak Juli hingga Desember 2022  yang berhasil dirangkum tim Forumterkininews.id

Juli : Bangkrut Berujung Rusuh, Presiden Sri Lanka Pilih Mundur

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa akhirnya mengundurkan diri. Hal ini dikatakan ketua dewan perwakilan rakyat negara itu, Sabtu (9/7).

Ketua DPR Mahinda Yapa Abeywardena mengatakan melalui video bahwa Rajapaksa sudah memberi tahunya akan mengundurkan diri pada Rabu (13/7).

Selengkapnya : Bangkrut Berujung Rusuh, Presiden Sri Lanka Pilih Mundur

Agustus : Cacar Monyet Pertama Masuk Indonesia 

Infeksi cacar Monyet atau monkeypox pertama dilaporkan telah terdeteksi di Indonesia pada Sabtu (20/8).

Melansir Reuters, kasus pertama itu menyasar seorang pria berusia 27 tahun asal Jakarta yang dikonfirmasi terkena cacar Monyet Jumat malam. Ia diketahui baru tiba beberapa hari dia luar negeri.

Selengkpnya : Cacar Monyet Masuk Indonesia, Pasien Pertama Terdeteksi di Jakarta

September : Raja Charles Resmi Dinobatkan jadi Raja Inggris

Raja Charles resmi dinobatkan sebagai raja baru Kerajaan Inggris, Sabtu (10/9) pukul 10.00 waktu London. Prosesi penobatan ini digelar di St. James Palace.

Melansir BBC, penobatan Charles sebagai raja dimulai dengan pengumuman resmi meninggalnya Ratu Elizabeth II. Dimana Lord President of the Council of the United Kingdom Penny dipercaya untuk membacakan berita duka tersebut.

Selengkapnya : Raja Charles Resmi Dinobatkan jadi Raja Inggris

Oktober : Tragedi Halloween Mematikan di Itaewon

BACA JUGA:   Kuda Nil Peninggalan Pablo Escobar Picu Masalah Lingkungan di Kolombia

Setidaknya 149 orang tewas dan 76 lainnya terluka dalam peristiwa mematikan di distrik Itaewon, Seoul. Peristiwa itu terjadi saat pesta Halloween Sabtu (29/10) malam.

Melansir Korea Times, Otoritas kebakaran menyebut awalnya mereka menerima puluhan laporan korban tewas sekitar pukul 22.55 waktu setempat.

Selengkapnya : Tragedi Pesta Halloween Tewaskan Ratusan Warga Korsel

November : Gelaran G20 di Bali Indonesia 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerukan persatuan saat secra resmi membuka KTT G20 pada Selasa, (15/11) di Bali. Jokowi menyebut, Indonesia sebagai presidensi G20 tahun ini fokus mengajak seluruh anggota untuk mengakhiri konflik.

“G20 tidak boleh membiarkan dunia jatuh ke dalam perang dingin lainnya dan konflik itu harus diakhiri,”kata Jokowi di hadapan delegasi.

Selengkapnya : Buka KTT G20, Jokowi: Konflik Harus Diakhiri

Desember : Angelina Jolie Mundur jadi Utusan PBB 

Angelina Jolie mengumumkan pengunduruan dirinya sebagai utusan khusus UNHCR, Sabtu (17/12). Keputusan ini diambil setelah lebih dari 20 tahun dirinya bekerja dengan badan pengungsi PBB itu.

Melansir Reuters, aktris Hollywood 47 tahun itu telah melakukan lebih dari 60 misi lapangan dengan UNHCR. Dirinya juga menyoroti penderitaan jutaan orang yang mengungsi dari rumah mereka selama dua dekade terakhir.

Selengkapnya : Angelina Jolie Mundur jadi Utusan Pengungsi PBB

 

Artikel Terkait