Kolaborasi BNPB dengan Pemprov DKI Atasi Cuaca Ekstrem

Forumterkininews.id, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyikapi potensi bencana akhir tahun 2022 di wilayah Ibu Kota.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto ditemui di Graha BNPB Jakarta, Selasa, mengatakan DKI Jakarta merupakan salah satu provinsi yang berpotensi hadapi risiko bencana yang cukup tinggi.

“Kita ketahui bersama di DKI ini dengan curah hujan yang cukup tinggi ini juga berpotensi hadapi bencana banjir tahunan yang harus diantisipasi,” ujar Suharyanto.

Meski tidak ada gunung berapi di sekitar Jakarta, BNPB tetap mewaspadai. Sebab berdasarkan pengalaman sejarah juga ada beberapa potensi terkait gempa.

Suharyanto mengatakan, akhir tahun 2022 merupakan masa persiapan untuk curah hujan di awal Januari dan Februari 2023. Dimana potensi tersebut cukup tinggi.

“Tentu saja kita juga tidak menginginkan terjadi banjir begitu saat curah hujan tinggi. Pemerintah Provinsi DKI akan menangani dengan cepat bersama BNPB,” kata dia.

BNPB bersama pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga bekerja sama dalam melakukan teknologi modifikasi cuaca. Tujuannya, agar hujan dapat terkendali di musim libur jelang tahun baru.

Sementara itu Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, pihaknya telah berdiskusi dengan BNPB membahas kerja sama penanggulangan bencana.

“Jadi, ada beberapa hal yang kami akan sikapi. Pertama menjelang Januari dan Februari, kami bersama BNPB melakukan teknologi modifikasi cuaca. Berikutnya memetakan kembali kerawanan bencana,” kata Heru.

Heru menambahkan untuk teknis pelaksanaan modifikasi cuaca itu juga akan menggandeng TNI AU dan juga Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Nanti Pak Isnawa Adji berkoordinasi dengan BRIN, TNI AU, siang ini untuk bisa mengantisipasi mulai 28 Desember dan seterusnya. Mungkin kita pecah dengan konsep TMC (teknologi modifikasi cuaca),” ujar Heru.

BACA JUGA:   Tersangka Dugaan Pencabulan Santriwati di Jombang Ditahan di Rutan Madaeng

Heru mengatakan selain melakukan modifikasi cuaca, juga akan melakukan pengerukan kali-kali di Jakarta. Terkait dengan antisipasi cuaca buruk saat malam Tahun Baru 2023, kata Heru, pihaknya tetap akan melakukan skenario yang sudah direncanakan.

“Ya lihat nanti, tetapi sesuai skenario tapi perkembangan cuaca nanti kami lihat. Hari ini, kami akan kumpul lagi sama dinas terkait untuk membahas kondisi cuacanya,” kata Heru.

Artikel Terkait