Koruptor yang Ditangkap KPK Meningkat di Tahun 2022

Forumterkininews.id, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar konferensi pers Kinerja dan Capaian KPK 2022 di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa, (27/12).

Dalam kesempatan tersebut lembaga antirasuah ini menetapkan 149 orang sebagai tersangka kasus tindak pidana korupsi selama 2022.

“Jumlah ini meningkat 38 tersangka dari jumlah tahun sebelumnya,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Lebih lanjut ALlexander mengatakan selama 2022 KPK juga telah melakukan 113 penyelidikan. Kemudian 120 penyidikan, atau 12 surat perintah penyidikan (sprindik) lebih banyak daripada tahun sebelumnya.

Kemudian, 121 penuntutan atau meningkat 33 perkara dari tahun sebelumnya. 121 perkara “inkracht” (berkekuatan hukum tetap) atau meningkat 34 perkara dari tahun sebelumnya. Juga mengeksekusi putusan 100 perkara atau meningkat 11 perkara dari tahun.

Selain itu, kata Alex, KPK juga menangani tindak pidana korupsi oleh korporasi sejumlah satu perkara dan pengembangan perkara dengan pengenaan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) sejumlah lima perkara.

Alex mengatakan bahwa KPK terus berkomitmen untuk memberikan efek jera terhadap pelaku tindak pidana korupsi, yakni tidak hanya memenjarakan badan kepada pelaku, tetapi juga mengoptimalkan asset recovery melalui pidana tambahan uang pengganti secara optimal. Oleh karena itu, kata dia, KPK juga terus berupaya dalam pengembangan perkara pada TPPU.

Terakhir, KPK menangkap Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur (Jatim) Sahat Tua Simanjuntak, Rabu (14/12). Dirinya diketahui memiliki kekayaan Rp10.700.966.004.

Penangkapan itu terkait dengan kasus dugaan suap pengurusan alokasi dana hibah bersumber dari APBD Jatim. Selain itu, KPK juga menyita uang tunai sebagai barang bukti yang masih terus dikembangkan.

Artikel Terkait

Sah! Gamers Cantik Listy Chan Mualaf

Nama Listy Chan, gamers cantik yang sempat populer di...

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Tersangka Sempat Beli Gorengan Sebelum Perkosa-Bunuh Gadis Penjual Gorengan

FT News - Polisi mengungkap kronologi pemerkosaan dan pembunuhan...