Mengenal 5 Karakter INFJ, Kepribadian Langka di Dunia!

Forumterkininews.id, Jakarta – INFJ adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian yang diidentifikasi oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Kadang-kadang disebut sebagai “Advokat” atau “Idealis,” orang-orang dengan tipe kepribadian ini sering merasa disalahpahami.

Dikutip dari dailysocial.com, secara umum INFJ terdiri dari empat skala: Extraversion (E) - Introversion (I), Sensing (S) - Intuition (N), Thinking (T) - Feeling (F), dan Judging (J) - Perceiving (P).

INFJ adalah singkatan dari Introversion, Intuition, Feeling, dan Judgment. Introversion berarti orang ini memiliki kepribadian tertutup atau senang menghabiskan waktu sendirian. Intuition (Intuisi) berarti bahwa orang ini terfokus pada suatu ide atau konsep (Intuisi).

Ataupun Feeling berarti orang yang membuat keputusan berdasarkan emosi dan nilai, sedangkan judging berarti mereka lebih menyukai hal-hal yang direncanakan dan disiapkan.

Tipe kepribadian INFJ bisa unik, rumit, dan terkadang benar-benar kontradiktif. INFJ adalah tipe kepribadian yang sangat langka.

Ball State University melaporkan bahwa hanya sekitar 1,5% orang yang memiliki tipe kepribadian ini. Dari jumlah tersebut, 56% adalah perempuan dan sisanya 44% adalah laki-laki.

Bagaimana Anda tahu jika Anda seorang INFJ, yang paling langka dari 16 tipe kepribadian Myers-Briggs? Jika kamu punya 5 tanda ini, bisa jadi kamu termasuk INFJ, simak artikelnya sampai selesai yuk!

Kamu Mampu Bersosialisasi, Tapi…

Ketika kamu hanya berdua dengan orang baru, kamu bisa jadi sangat pemalu, pendiam, dan pendiam, serta menawan, menyenangkan, dan lucu. Untuk INFJ, ini semua tentang situasi, suasana hati, dan tingkat energi yang tersedia dalam tubuh — dan yang paling penting, orang-orang yang sedang bersama kamu selalu merasa nyaman di sekitarmu.

Cara Menangani Masalah

Ketika seseorang bercerita padamu tentang masalahnya, kamu biasanya tidak memberi mereka saran atau pendapat, kecuali mereka bertanya. Alih-alih memberikan solusi, kamu mengajukan pertanyaan kepada mereka untuk membantu mereka lebih memahami situasi dan perasaan mereka sendiri tentang hal itu. Terkadang kamu menceritakan sebuah kisah serupa, dengan harapan bahwa mereka akan menarik pelajaran mereka sendiri.

BACA JUGA:   Sehidup Semati Vanessa Angel dan Bibi Dimakamkan Satu Liang

Inilah sebabnya mengapa INFJ sering dianggap sebagai pemberi nasihat dan konselor.

Memutus Kontak

Kamu dikenal untuk memutus orang dari hidupmu ketika mereka sering menyakiti kamu. Bukan karena kamu senang memutus kontak dari orang tiba-tiba, tetapi kamu melakukan ini hanya untuk melindungi diri sendiri. Meskipun kamu mungkin terlihat seperti biasa saja ketika bersama mereka di luar, tetapi kamu sangat sensitif di dalam, dan kamu adalah tipe orang yang sangat sensitif terhadap kata-kata dan tindakan orang lain.

Sering Merahasiakan Perasaan

Kamu sangat peduli dengan orang-orang dalam hidupmu, tetapi mereka mungkin tidak akan pernah tahu seberapa besar kamu peduli, karena kamu menyimpan perasaan tersebut. Terkadang kamu mengalami kesulitan mengartikulasikan emosi yang tengah terjadi, meskipun kamu merasakannya dengan intens.

Kamu Sering Tenggelam dalam Pikiranmu Sendiri

Ketika orang lain bergosip, membicarakan skandal selebriti, atau membicarakan hal-hal sepele lainnya, berbeda denganmu yang lebih sering tenggelam dalam pikiran kamu sendiri. Berpikir tentang luar angkasa, perjalanan waktu, sifat manusia, makna hidup, dan topik lain yang lebih epik adalah sesuatu yang mengisi kepala kamu. Lucunya, kamu jarang mencoba mengajak orang lain untuk mendiskusikan isi kepala kamu, karena kamu tidak berpikir orang lain akan tertarik.

Apakah kamu adalah seorang INFJ?

 

 

 

 

 

Artikel Terkait

Menyambangi ET 45 Toko Rilisan Fisik Legendaris di Medan

FT News - Bagi pecinta musik, tak lengkap rasanya...

Baim Cilik: Lolly Nggak Waras

FT News – Baim Cilik menyebut Lolly anak Nikita...

IShowSpeed Kontak Mamat Alkatiri, Minta Ditemenin ke Papua

FT News – Komika Mamat Alkatiri dihubungi oleh tim...

Nikita Mirzani Sebut Khodam Razman Arif Nasution Kura-Kura Ninja

FT News – Nikita Mirzani Mawardi meluapkan emosinya melalui...

IShowSpeed Naik Ayunan di Pinggir Tebing: Santai, Santai!

FT News - Dalam rangka tur di negara ASEAN, Youtuber...