Polri Siapkan Operasi Aman Nusa II Terkait Bencana Alam

Forumterkininews.id, Jakarta – Operasi Lilin 2022 Polri berakhir setelah digelar selama 11 hari sejak 23 Desember 2022 lalu. Kepolisian segera melaksanakan operasi lanjutan dengan sandi Aman Nusa II.

“Kegiatan operasi Aman Nusa II terkait bencana alam yang masih terjadi di beberapa daerah,” kata Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi kepada wartawan, Selasa (3/1).

“Setelah Operasi Lilin berakhir akan dilaksanakan KRYD dan disiapkan Operasi Aman Nusa II,” sambungnya.

Dalam operasi ini, personel Polri yang tergabung dalam Satgas Kontijensi difokuskan untuk mencegah dan merespons situasi darurat, seperti bencana alam (banjir, longsor, dan angin kencang), serta kecelakaan transportasi.

Polri mengerahkan personel dan sarana prasarana pencarian dan penyelamatan (SAR) yang dimiliki dari Operasi Aman Nusa II, membantu penanggulangan bencana, seperti mengevakuasi korban, mengidentifikasi korban, penyaluran bantuan tanggap darurat bencana, penyembuhan trauma, serta membantu masyarakat membenahi rumahnya yang terdampak bencana.

Sebelumnya Polda Metro Jaya menyatakan seluruh kegiatan perayaan malam tahun baru di Jakarta berjalan aman dan kondusif. Di antaranya, dua titik perayaan yakni Jalan Sudirman-Thamrin hingga Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Namun di bundaran HI, perayaan tahun baru tidak berjalan aman karena banyaknya copet yang berkeliaran dan meresahkan pengunjung. Hal mengakibatkan masyarakat banyak yang menjadi korban. Polisi tidak mampu berbuat banyak.

“Acara pergantian malam Tahun Baru di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin maupun acara yang dipusatkan di TMII semuanya berlangsung aman dan terkendali. Masyarakat dapat merayakannya penuh suka cita,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Minggu (1/1).

Artikel Terkait