Prancis Janjikan Kirim Tank Perang untuk Ukraina

Forumterkininews.id, Paris – Masyarakat dunia terus memberikan dukungan terhadap Ukraina yang digempur Rusia. Terbaru, Prancis akan menjadi negara Barat pertama yang mengirim tank ke Ukraina. Hal itu terjadi setelah pembicaraan antara Presiden  Emmanuel Macron dan rekannya dari Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Langkah untuk memasok tank berjenis AMX-10 RC buatan Prancis ke Ukraina itu merupakan perubahan signifikan dalam dukungan militer Prancis untuk Ukraina.

Sejauh ini, Prancis  telah mengirimkan artileri canggih, pengangkut personel lapis baja, rudal anti-pesawat, dan sistem pertahanan udara ke Ukraina.

“Presiden ingin meningkatkan bantuan ke Ukraina dengan menerima untuk mengirimkan tank ringan AMX-10 RC,” kata seorang staf kepresidenan Macron, dikutip Reuters.

“Ini adalah pertama kalinya tank-tank rancangan Barat dipasok ke angkatan bersenjata Ukraina,” katanya.

Belum jelas berapa banyak tank Prancis yang akan dikirim atau kapan akan dikirimkan, meskipun pelatihan dan pemeliharaan telah disepakati sebagai bagian dari kesepakatan.

Kementerian pertahanan Prancis mengatakan menteri pertahanan negara itu akan segera mengadakan pembicaraan.

Sebelumnya negera yang aktif memberikan bantuan untuk Ukraina adalah Amerika Serikat. Selain pesawat tempur, Negeri Paman Sam ini juga mengirimkan sejumlah drone untuk Ukraina.

Artikel Terkait