Anak Gembong Narkoba Ditangkap, Suasana Meksiko Mencekam

Forumterkininews.id, Meksiko City – Pasukan keamanan Meksiko menangkap pemimpin kartel narkoba Ovidio Guzman, putra gembong Joaquin “El Chapo” Guzman yang dipenjara, Kamis (5/1). Penangkapan ini dilakukan jelang menjelang kunjungan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden minggu depan.

Terjadi tiga tahun setelah operasi yang gagal untuk menahan Ovidio, penangkapan tersebut memicu gelombang kekerasan. Hal ini memaksa pihak berwenang menutup bandara dan sekolah di kota Culiacan.

Menteri Pertahanan Luis Cresencio Sandoval mengatakan, pasukan keamanan telah menangkap anggota senior Kartel Sinaloa berusia 32 tahun itu. Melansir Reuters, Ovidio merupakan buron sejak upaya penangkapan sebelumnya. Namun ia kini ditahan di ibu kota Mexico City.

Video yang dibagikan di media sosial, yang tidak dapat segera diverifikasi oleh Reuters, tampaknya menunjukkan pertempuran sengit semalam di Culiacan, kota utama di negara bagian utara Sinaloa, dengan langit Meksiko mendadak mencekam oleh tembakan helikopter.

Pemerintah negara bagian Sinaloa mengatakan tiga anggota pasukan keamanan tewas dalam bentrokan itu.

Bandara kota terjebak dalam kekerasan. Dimana sebuah maskapai penerbangan Meksiko Aeromexico mengatakan salah satu pesawatnya terkena tembakan menjelang jadwal penerbangan ke Mexico City.

Sebuah pesawat angkatan udara Meksiko juga ditembak, kata badan penerbangan federal Meksiko, menambahkan bandara di Culiacan, serta di kota Mazatlan dan Los Mochis di Sinaloa, akan tetap ditutup sampai keamanan dapat dipastikan.

Artikel Terkait

Hasil Survei: Khofifah-Emil Unggul di Pilkada Jatim

FT News – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei...

NPWP Bocor, Jokowi: Terjadi Juga di Negara Lain

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons dugaan...

Balas Istana, PDIP: Jet Pribadi, Itu Perjalanan Kebangsaan

FT News – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah...

Bjorka Kembali, Kali Ini Data NPWP Jokowi Bocor

FT News – Peretas yang sempat membuat geger Indonesia...

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...