Ukraina Bantah Serangan Rusia Tewaskan 600 Pasukan

Forumterkininews.id, Kramatorsk – Pemerintah Rusia mengklaim telah melakukan serangan yang menewaskan 600 pasukan Ukraina. Namun, berita itu dibantah juru bicara tentara Ukraina.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Moskow mengklaim, tanpa memberikan bukti apa pun, “serangan rudal massal” di timur Kota Kramatorsk telah menewaskan lebih dari 600 pasukan.

Dikatakan itu sebagai pembalasan atas serangan Ukraina di pangkalan Rusia yang menewaskan puluhan tentara Rusia pada Hari Tahun Baru. Tapi militer Ukraina mengatakan ini tidak benar.

“Ini bagian lain dari propaganda Rusia,” kata Serhiy Cherevaty, juru bicara tentara Ukraina, kepada BBC.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan telah menewaskan lebih dari 600 prajurit Ukraina dalam serangan di gedung-gedung yang menampung sementara pasukan Ukraina. Lebih dari 1.300 tentara Ukraina ditempatkan di dua gedung, kata Moskow.

Ia menyebut serangan itu sebagai “serangan balasan” untuk membalas kematian 89 tentara Rusia yang tewas di Makiivka. Ukraina mengatakan sebanyak 400 orang tewas atau terluka dalam insiden itu, sementara angka hingga ratusan telah diberikan oleh kaum nasionalis Rusia di media sosial.

Meski demikian, pihak Moskow belum memberikan bukti klaimnya tentang kematian Kramatorsk.

Artikel Terkait