Polda Bali Minta Pemilik Rental Kendaraan Perketat Aturan Sewa

Forumterkininews.id, Jakarta – Polda Bali mengimbau pemilik jasa rental memperketat aturan sewa kendaraan kepada wisatawan yang menggunakan jasa kendaraan bermotor. Salah satunya terkait kewajiban memiliki SIM dan aturan yang berlaku.

Kabid Humas Komisaris Besar Polisi Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan pihaknya berharap para pemilik rental, baik mobil maupun sepeda motor di seluruh wilayah hukum Polda Bali, sebelum menyewakan kendaraan, agar diingatkan untuk mematuhi peraturan yang ada. Diantaranya memiliki SIM dan memahami rambu yang berlaku.

Selain memiliki lisensi resmi untuk berkendara, penyewa jasa rental harus selalu mengutamakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Hal tersebut penting dan mendesak, mengingat akhir-akhir ini sering terjadi pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan warga negara asing. Dimana WNA tersebut menggunakan kendaraan sewaan.

Menurut dia, salah satu penyebab maraknya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan warga negara asing adalah tidak paham terhadap aturan lalu lintas yang berlaku. Apalagi saat ini Polri sudah memberlakukan electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang elektronik.

Polda Bali sendiri telah memberlakukan penilangan elektronik melalui sepuluh kamera ETLE yang telah terpasang di masing-masing polres jajaran.

“Kami juga minta wisatawan agar selalu berhati-hati dengan tetap mengutamakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas,” kata Satake Bayu.

Khusus bagi wisatawan yang hendak bepergian jauh, Polda Bali meminta pemilik jasa rental untuk menyiapkan jasa orang lokal yang mengetahui jalur-jalur tertentu untuk menghindari potensi kecelakaan.

“Jika memang diperlukan para pemilik rental diharapkan menyiapkan pemandu jalan untuk mengiringi WNA tersebut saat berkendara di jalan raya. Ini penting karena para wisatawan tidak terlalu hafal jalan-jalan yang akan mereka lalui dalam menikmati keindahan Bali,” kata dia.

Artikel Terkait