Usulan Biaya Haji 69 Juta Dianggap Terlalu Beratkan Jemaah

Forumterkininews.id, Jakarta- Usulan biaya haji sebesar Rp69 juta menuai kontroversi publik lantaran dianggap memberatkan jemaah yang ingin menunaikan ibadah ke tanah suci.

Menjawab hal itu, Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto yang juga anggota Panja Haji DPR RI menyebut akan membahas lebih detail mengenai usulan tersebut.

“Usulan haji 69 juta itu dari aspirasi yang masuk terlalu berat bagi jemaah. Oleh karena itu  dalam waktu dekat Komisi VIII 8 khususnya panja haji, akan bahas detail dan transparan sehingga ujungnya jemaah tidak terlalu berat bebannya,”kata Yandri saat menggelar konferensi pers di Gedung Nusantara III DPR, Selasa (24/1).

Yandri mengimbau, jemaah yang akan melakukan ibadah haji tahun ini tak perlu risau dengan besarnya usulan biaya tersebut.

“Jemaah yang akan berangkat di 2023 nggak perlu risau atau galau karena Komisi VIII akan bahas detail Insya Allah akan tetap di bawah 69 juta,”tandasnya.

Terkait besaran biaya yang nantinya akan disahkan usai usulan, Yandri menyebut hasilnya menunggu pembahasan Komisi VIII dan Kementerian Agama (Kemenag).

“Berapa pastinya akan diputuskan Panja dan dibawa ke komisi VIII dan Kemenag. Kita juga minta Kemenang meloloskan semua item besaran ongkos haji. Misal apa tiket pesawat 33 juta, menurut saya bisa turun. Hotel katering dll,”pungkasnya.

Artikel Terkait