ASDP Siap Dukung Pagelaran Ajang Balap Perahu Cepat di Danau Toba

Forumterkininews.id, Jakarta – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) siap mendukung ajang balap perahu cepat (boat race) di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, Sumatera Utara pada 24-26 Februari 2023.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, ASDP menyiapkan dua kapal feri yang setiap hari melayani empat trip penyeberangan dari Pelabuhan Ambarita.

“Dengan harapan, mobilitas masyarakat dapat terlayani dengan baik selama kegiatan berlangsung,” ujarnya.

Shelvy optimistis ASDP dapat mendukung kelancaran perhelatan itu. Karena telah memiliki pengalaman melayani pengguna jasa penyeberangan kelas dunia saat gelaran MotoGP dan Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) di DPSP Mandalika, NTB.

“Tentu kami akan meningkatkan layanan bagi pengguna jasa penyeberangan. Ini dilakukan dengan memaksimalkan operasi kapal dan mempersingkat waktu pelayanan di dermaga saat gelaran F1H2O,” ujarnya lagi.

Belasan Pelaku UMKM Dilibatkan

ASDP juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk aparat kepolisan/TNI untuk kelancaran operasional dan layanannya. Tidak lupa, juga meningkatkan layanan bagi pengguna jasa selama berada di pelabuhan. Termasuk optimalisasi personel pendukung di lapangan. Serta tetap menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan di lingkungan kapal dan pelabuhan. Sehingga penyeberangan berjalan dengan aman, lancar, dan tertib.

Ia pun mengharapkan dengan dukungan ASDP, ajang F1H20 mendorong pemulihan ekonomi. Khususnya sektor pariwisata dan peluang usaha termasuk bagi UMKM. Juga menciptakan lapangan kerja. ASDP turut memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam gelaran dunia tersebut.

“Ada 19 UMKM berupa warung di sekitar pelabuhan. Dimana 17 di antaranya berada di luar gedung dan dua lainnya di dalam gedung pelabuhan,” ujarnya.

Ia menyebutkan lintas penyeberangan kapal feri antara Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita merupakan salah satu jalur tersibuk di kawasan Danau Toba.

BACA JUGA:   Jokowi Kaget Banyak yang Antre untuk Penyampaian SPT di Surakarta

Pelabuhan Ajibata memiliki luas 10.448 m2. Dengan luas gedung terminal utama 2.155 m2. Pelabuhan ini juga dilengkapi aksesibilitas modern berupa eskalator dan lift.

Sedangkan,Pelabuhan Ambarita memiliki luas 7.000 m2 dengan luas gedung terminal utama 1.540 m2. Juga dilengkapi fasilitas eskalator dan lift.

Kejuaraan dunia perahu motor F1H2O, yang serupa ajang jet darat Formula 1 tersebut akan berlangsung di Balige, Sumut. Lokasi ini berjarak 50 km dari Pelabuhan Ajibata.

Danau Toba mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah F1 Powerboat (F1H2O) World Championship hingga 2027.

Artikel Terkait