Sri Mulyani Masuk Bursa Terkuat Calon Gubernur BI?

Forumterkininews.id, Jakarta- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati disebut menjadi kandidat kuat yang dipertimbangkan untuk menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI).

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu adalah tokoh terkenal di komunitas keuangan global dan telah menjabat dua kali sebagai menteri keuangan Indonesia di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo.

Melansir Reuters, dirinya  mendapat banyak pujian salah satunya karena mampu mereformasi sistem perpajakan dan perannya dalam mengarahkan ekonomi Indonesia melewati pandemi.

Ketika ditanya tentang potensi pencalonannya, Sri Mulyani pada Selasa, (31/1) mengatakan fokusnya adalah pada perannya saat ini dan mengatakan mekanisme pemilihan gubernur baru akan didasarkan pada undang-undang.

Diketahui, Gubernur BI saat ini Perry Warjiyo, yang akan mengakhiri masa jabatan lima tahunnya pada 24 Mei, adalah seorang bankir yang berperan penting dalam mereformasi bauran kebijakan moneter BI.

Dia telah mengawal respons BI terhadap pandemi, termasuk kebijakan yang tidak konvensional seperti membeli obligasi langsung dari pemerintah, bukan hanya di pasar sekunder.

Sementara itu, di bawah undang-undang BI yang baru-baru ini direvisi, presiden harus menyerahkan setidaknya satu nama ke parlemen pada bulan Februari, untuk memberikan waktu bagi anggota parlemen untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan bagi kandidat sebelum memilih yang terbaik.

Artikel Terkait

Pertemuan Prabowo-Megawati akan Terwujud, Hasto Bilang Gini

FTNews - Presiden terpilih Prabowo Subianto mendapatkan pesan dari...

Fix! Gelar Honoris Causa Raffi Ahmad Tidak Diakui Kemendikbudristek

FT News - Masyarakat Indonesia sempat dibuat heboh dengan Raffi...

Ini Dia Strategi Menghasilkan Uang Melalui Media Sosial

FT News – Kebutuhan mendesak akan uang seringkali menjadi...