Kala NATO Ketar-ketir Lihat China – Rusia Makin Mesra

Forumterkininews.id, Brussels- Meningkatnya ketegasan dan kerja sama China dengan Rusia menimbulkan ancaman tidak hanya bagi Asia tetapi juga bagi Eropa, kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pada Rabu, (1/2).

Pernyataan Stoltenberg sekaligus mempertegas bahwa NATO tengah mencari kerja sama yang lebih kuat dan lebih banyak teman  di kawasan Indo-Pasifik .

“NATO perlu memastikan kita memiliki teman. Penting untuk bekerja lebih erat dengan mitra kami di Indo-Pasifik.”kata Stoltenberg kepada hadirin di Universitas Keio di Tokyo.

Stoltenberg mengatakan China semakin bekerja sama dengan Rusia dan mereka memimpin penolakan otoriter terhadap tatanan internasional yang berbasis aturan, terbuka, dan demokratis.

“Fakta bahwa Rusia dan China semakin dekat dan investasi signifikan oleh China dan kemampuan militer canggih baru hanya menggarisbawahi bahwa China menimbulkan ancaman, menimbulkan tantangan juga bagi sekutu NATO,”tandasnya.

Stoltenberg juga  mengatakan NATO tidak menganggap China sebagai musuh atau mencari konfrontasi, dan aliansi akan terus terlibat dengan China di bidang kepentingan bersama, seperti perubahan iklim .

Artikel Terkait