Komisi I: Belasan Calon Dubes Baru Punya Track Record Bagus

Forumterkininews.id, Jakarta- Komisi I DPR RI telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 13 calon Duta Besar (Dubes). Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid memastikan, track record masing-masing calon dubes tidak ada masalah dengan penempatan negaranya masing-masing.

“Ini kan rata-rata hampir seluruhnya memang karir ya. Jadi kita sudah track record-nya. Kita sudah kenal penempatan wilayahnya, kita rasa tidak ada masalah,” kata Meutya dalam keterangan resminya, Rabu (1/2).

Pasca fit and proper test ini lanjutnya, Komisi I DPR akan segera mengirim surat ke pimpinan DPR untuk diteruskan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara tertutup dan rahasia. Ini dilakukan setelah Komisi I selesai mewawancarai 13 calon dubes tersebut yang berlangsung sejak pagi hingga sore.

“Berjalan lancar. (Dinamikanya) biasa saja,” lanjut Meutya.

Adapun daftar nama calon dubes RI yang telah menjalani uji kelayakan di Komisi I DPR RI sebagai berikut Acmad Rizal Purnama untuk Turki. I Gede Ngurah Swajaya untuk Konfederasi Swiss. Grata Endah Wedaningsih untuk Laos. Saud Purwanto Krisnawan untuk Afrika Selatan. Santo Darmo Susanto untuk Kamboja, dan Acmad Ubaedillah untuk Brunei Darussalam,

Serta Sulaiman untuk Argentina, Arief Basalamah untuk Ukraina, Ricky Suhendar untuk Peru, Meidyatama Suryadiningrat untuk Romania, Trias Kuncahyono untuk Vatikan, Teuku Faizasyah untuk Kerajaan Norwegia, Dupito Simamora untuk Fiji.

Artikel Terkait