Spurs Jungkalkan City, Harry Kane Cetak Gol Bersejarah

Forumterkininews.id, London – Tottenham Hotspur membuat catatan penting di pekan ke-22 Liga Inggris. “The Lilywhite” sukses menggasak Manchester City lewat gol tunggal Harry Kane di Tottenham Hotspur Stadium, Senin (6/2) dini hari WIB.

Harry Kane mencetak gol kemenangan Spurs pada menit ke-15. Spurs memanfaatkan kesalahan pemain belakang City untuk membuat gol semata wayang.

City sendiri gagal mengejar ketertinggalan di saat Spurs harus bermain dengan 10 orang di akhir babak kedua setelah Cristian Romero mendapatkan akumulasi kartu kuning yang berbuntut merah.

Selain sukses membungkam City, Spurs juga mencatat sejarah baru untuk Harry Kane. Striker timnas Inggris ini menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Tottenham Hotspur. Golnya ke gawang City menambah jumlah golnya sepanjang bermain untuk Spurs. Kane menyarangkan gol ke-267 untuk klubnya.

Kane melampaui rekor 266 gol untuk Spurs yang diukir Jimmy Greaves, yang bermain untuk klub London itu antara 1961 hingga 1970.

Kane juga menjadi pemain ketiga yang berhasil mencetak 200 gol di Liga Inggris, setelah Alan Shearer dengan 260 gol dan Wayne Rooney dengan 208 gol.

Pemain berusia 29 tahun itu juga berbagi gelar pencetak gol terbanyak timnas Inggris bersama Rooney, setelah ia mengemas gol ke-53 untuk The Three Lions saat Inggris menyerah dari Prancis pada babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar, Desember lalu.

Namun demikian, walaupun memiliki catatan gol mentereng, Kane belum pernah memenangi satu pun trofi prestisius sepanjang kariernya.

Spurs Masih Posisi Kelima

Mengutip laman resmi Premierleague, kendati Spurs meraih kemenangan atas City, poin penuh yang didapat belum mengubah posisi Spurs di klasemen sementara. Tim asuhan Antonio Conte itu masih duduk di peringkat kelima dengan 39 poin.

BACA JUGA:   Hapus Puasa Gelar, Gregoria Mariska Juarai Spain Masters

Sementara itu, City gagal memangkas jarak dengan Arsenal menjadi tiga poin. Arsenal sendiri dalam laga sebelumnya tumbang dari Everton 0-1. Arsenal masih memimpin klasemen dengan 50 poin, City 45 poin.

Bermain di depan pendukung sendiri, Spurs langsung menekan sejak pertandingan dimulai. Usaha mereka membuahkan gol saat pertandingan berjalan 15 menit.

Pierre-Emile Hojberg berhasil merebu​​​​​​​t bola dari pemain City di area pertahanan lawan. Ia kemudian merangsek memasuki kotak penalti dan menyodorkan umpan kepada Kane yang tidak terkawal.  Kane meneruskan bola ke pojok kanan bawah gawang yang gagal dihentikan kiper Ederson.

City mencoba langsung merespons. Mereka beberapa kali mengancam melalui tendangan Bernardo Silva pada menit ke-25 dan Rodri pada menit ke-41. Namun tak membuahkan hasil.

Pada babak kedua City mendapatkan peluang di menit ke-64 melalui Kevin de Bruyne yang mengirim umpan datar ke Julian Alvarez. Sayangnya, tendangan penyerang timnas Argentina tersebut masih bisa diblok Erik Dier dan hanya menghasilkan sepak pojok.

City juga gagal memanfaatkan keunggulan pemain untuk mencetak gol. Pertandingan berakhir dengan kemenangan tipis Spurr.

Susunan pemain:
Tottenham (3-4-3): Hugo Lloris; Cristian Romero, Eric Dier, Ben Davies; Emerson Royal, Pierre-Emile Hojbjerg, Rodrigo Bentancur, Ivan Perisic (Ryan Sessegnon 79’); Dejan Kulusevski (Davinson Sanchez 89’), Harry Kane, Son Heung-Min (Yves Bissouma 84’).

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Rico Lewis, Kyle Walker, Manuel Akanji, Nathan Ake; Bernardo Silva (Ilkay Gundogan 84’), Rodri; Riyad Mahrez (Kevin De Bruyne 59’), Julian Alvarez, Jack Grealish; Erling Haaland.

Artikel Terkait

Gus Miftah Ungkap Rencana Jokowi Usai Lengser

FT News - Joko Widodo (Jokowi) akan mengakhiri masa...

Menpora Dito Minta Maaf Atas Kekurangan PON Aceh-Sumut 2024

FT News - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito...

PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Ditutup, Menko PMK: Sampai Bertemu di PON NTB-NTT

FT News - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan...