Walau Lagi Krisis Ekonomi, Afghanistan Kirim Bantuan Rp2,4 M ke Turki

Forumterkininews.id, Kabul – Pemerintahan Taliban Afghanistan akan mengirimkan bantuan sekitar $165.000 (Rp2,4 Miliar) ke Turki dan Suriah. Bantuan ini merupakan bentuk solidaritas untuk Turki usai diguncang gempa dahsyat  7,8 SR pada Senin, (6/2).

“Afghanistan  mengumumkan paket bantuan masing-masing 10 juta warga Afghanistan ($111.024). Kemudian 5 juta warga Afghanistan ($55.512) ke Türki dan Suriah atas dasar kemanusiaan bersama dan persaudaraan Islam,” kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Afghanistan dikutip Reuters, Rabu (8/2).

Korban tewas akibat gempa besar di Turki selatan dan Suriah melonjak menjadi lebih dari 7.800 orang pada Selasa. Jumlah ini diketahui ketika tim penyelamat bekerja menggali korban selamat dari puing-puing bangunan yang runtuh.

Puluhan ribu lainnya terluka dan banyak orang kehilangan rumah dalam suhu yang sangat dingin. Di Afghanistan, ratusan orang juga tewas dalam beberapa pekan terakhir karena cuaca dingin dan krisis ekonomi.

Banyak kelompok bantuan menangguhkan sebagian operasinya karena pemerintahan Taliban memutuskan sebagian besar pekerja LSM perempuan tidak dapat bekerja. Hal ini membuat badan-badan tersebut tidak dapat menjalankan banyak program di negara konservatif tersebut.

Para diplomat Barat mengatakan mereka tidak akan mempertimbangkan untuk mengakui secara formal pemerintahan tersebut kecuali jika hal itu mengubah arah hak-hak perempuan.

Terlepas dari pemotongan dana pembangunan yang pernah menjadi tulang punggung anggaran negara Afghanistan, Bank Dunia mengatakan dalam sebuah laporan bahwa administrasi Taliban telah meningkatkan ekspor – beberapa di antaranya batu bara ke negara tetangga Pakistan – dan pengumpulan pendapatan tetap kuat, termasuk dari bea cukai dan royalti pertambangan.

Artikel Terkait