Gembong Narkoba Kolombia Akan Diekstradisi ke AS

Forumterkininews.id, Bogota- Pihak berwenang Kolombia telah mengumumkan bahwa gembong narkoba yang paling dicari di negara itu, Dairo Antonio Suga, akan diekstradisi ke AS setelah ia ditangkap dalam sebuah penggerebekan, pekan lalu

Dairo Antonio Suga, yang dikenal sebagai Otoniel, ditangkap setelah operasi gabungan tentara, angkatan udara dan polisi pada Sabtu, (23/10). Dia memimpin geng kriminal terbesar di negara itu dan telah berada di daftar paling dicari Badan Penegakan Narkoba AS selama bertahun-tahun.

Melansir BBC, Pejabat AS bahkan telah menempatkan hadiah 5 juta dolar AS bagi siapa saja yang bisa menangkapnya. Mereka menuduhnya mengimpor setidaknya 73 metrik ton kokain ke negara itu antara tahun 2003 dan 2014.

Menteri Pertahanan Kolombia Diego Molano mengatakan kepada surat kabar El Tiempo bahwa langkah selanjutnya bagi para pejabat adalah mematuhi perintah ekstradisi AS. Pihak berwenang kini telah membawa Otoniel ke sebuah pangkalan militer di ibu kota Bogotá menjelang ekstradisinya.

Berita Terkait : Ditangkap! Gembong Narkoba Paling Dicari

Presiden Ivan Duque memuji penangkapan gembong narkoba itu dalam pesan video yang disiarkan televisi.”Ini adalah pukulan terbesar terhadap perdagangan narkoba di negara kita abad ini,” katanya. “Pukulan ini hanya sebanding dengan jatuhnya Pablo Escobar pada 1990-an.”

Sebelumnya, Otoniel ditangkap di tempat persembunyiannya di pedesaan di provinsi Antioquia di barat laut Kolombia, dekat perbatasan dengan Panama.

Otoniel telah menggunakan jaringan rumah persembunyian pedesaan untuk bergerak dan menghindari pihak berwenang, dan tidak menggunakan telepon, melainkan mengandalkan kurir untuk komunikasi.

Artikel Terkait