Filianingsih Hendarta Disepakati jadi Deputi Gubernur BI

Forumterkininews.id, Jakarta – Komisi XI DPR RI resmi menyepakati Filianingsih Hendarta sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) melalui Uji Kepatutan dan Kelayakan (fit and proper test) yang digelar di Ruang Rapat Komisi XI, Gedung Nusantara I, DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (13/2).

Anggota Komisi XI DPR RI Eriko Sotarduga menyebut, keputusan disepakatinya Deputi Gubernur BI baru itu  diambil secara aklamasi dengan calon yang merupakan pilihan terbaik dari yang terbaik.

“Kalau memang mau berbicara jujur, calon yang sekarang ini memang adalah yang terbaik dari yang terbaik. Jadi, memang ini lah yang terbaik di BI, diajukan oleh Bapak Presiden untuk kami pilih dua orang ini. Tadi jam 15.00 WIB selesai semua. Dan jam 15.30 kami mengambil keputusan untuk memutuskan di antara dua (calon) ini kan harus ada dipilih. Yang dipilih secara aklamasi yaitu Ibu Filianingsih,” ungkapnya, Senin (13/2).

Keputusan Komisi XI DPR RI ini kata Eriko, akan segera dibahas pada Rapat Paripurna DPR RI bersama dengan seluruh anggota dewan. Namun, Legislator Dapil DKI Jakarta II ini belum bisa memastikan kapan rapat paripurna tersebut akan berlangsung.

“Nanti akan dibawa dalam rapat paripurna yang kami juga belum mengetahui (jadwalnya). Kemungkinan nanti bersamaan dengan penutupan (masa sidang) pada hari Kamis (16/2). Selanjutnya diambil keputusan secara resmi di rapat paripurna DPR RI,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Eriko menjelaskan pembahasan terkait digitalisasi yang ditawarkan Filianingsih menjadi salah satu daya tarik Komisi XI DPR RI. Meskipun, ia tidak menampik masing-masing calon memiliki keunggulan.

Filianingsih sendiri akan menggantikan Dody Budi Waluyo yang masa tugasnya sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia akan habis pada April 2023.

BACA JUGA:   Habib Luthfi ke GEMPITA : Menangkan Pemimpin yang Kuat Jaga Bangsa

Setelah mendapatkan persetujuan DPR RI, Deputi Gubernur BI terpilih akan ditetapkan melalui surat keputusan presiden. Sebelum akhirnya dilakukan pelantikan Mahkamah Agung.

Artikel Terkait

Pertemuan Prabowo-Megawati akan Terwujud, Hasto Bilang Gini

FTNews - Presiden terpilih Prabowo Subianto mendapatkan pesan dari...

Fix! Gelar Honoris Causa Raffi Ahmad Tidak Diakui Kemendikbudristek

FT News - Masyarakat Indonesia sempat dibuat heboh dengan Raffi...

Ini Dia Strategi Menghasilkan Uang Melalui Media Sosial

FT News – Kebutuhan mendesak akan uang seringkali menjadi...