KBRI Damaskus Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Suriah

Forumterkininews.id, Damaskus – Selain Turki, Indonesia juga mengirimkan bantuan untuk korban gempa Suriah. KBRI Damaskus menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan, makanan, dan pakaian musim dingin

Hal tersebut diungkapkan Duta Besar RI untuk Suriah, Wajid Fauzi dalam tayangan video pengarahan untuk pers.

Dua truk bantuan itu dikumpulkan dari diaspora Indonesia serta Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Suriah.

“(Penyaluran bantuan) ini kita lakukan dalam rangka memenuhi permintaan dari pemerintah Suriah yang meminta bantuan, dan ini kita lakukan sambil menunggu bantuan dari pemerintah Indonesia yang dikoordinasi oleh BNPB,” kata Wajid.

KBRI juga telah melakukan pembicaraan dengan Kementerian Luar Negeri Suriah di Damaskus serta pihak berwenang terkait di Aleppo mengenai rencana pengiriman bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia.

Menurut Wajid, pemerintah Suriah membuka diri terhadap kedatangan bantuan asing. Mereka juga menunjuk Bulan Sabit Merah Suriah sebagai lembaga untuk menyalurkan bantuan.

“Untuk kepentingan pendaratan pesawat, hingga saat ini otoritas Suriah masih menanti rincian nomor penerbangan dan manifes dari pemerintah Indonesia. Selanjutnya akan kita gunakan sebagai rujukan dalam pengaturan pendaratan pesawat dan penyaluran bantuan,” tutur dia.

Wajid pun telah memastikan bahwa tidak ada WNI yang menjadi korban gempa bumi di Suriah, meskipun tercatat sebanyak 116 WNI terdampak bencana tersebut.

Gubernur Latakia dan Aleppo menyampaikan ucapan terima kasih atas simpati dan bantuan tersebut. Suriah belum keluar dari dampak perang.

Selain itu, masih dalam status embargo oleh negara-negara Barat, sehingga gempa kali ini menjadi pukulan berat bagi kehidupan masyarakat.

Artikel Terkait