KY Pantau Sidang Perkara Suap Hakim Agung MA dengan Turunkan Tim ke Persidangan 

Forumterkininews.id, Jakarta – Komisi Yudisial (KY) menurunkan tim untuk memantau proses persidangan operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Hakim Agung Mahkamah Agung (MA).

“Pemantauan oleh KY dilakukan untuk semua rangkaian perkara dan tidak terbatas pada terdakwa Hakim Agung SD,” kata Juru Bicara KY, Miko Susanto Ginting dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (15/2).

Untuk diketahui sidang perdana dengan terdakwa Hakim Agung  berinisial SD digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bandung, Jawa Barat.

Sidang dihadiri Komisioner Komisi Yudisial bidang Pengawasan Perilaku Hakim dan Investigasi Joko Sasmito. Dirinya didampingi Kepala Biro Pengawasan Perilaku Hakim Mulyadi dan tim.

Miko mengatakan pemantauan sidang tidak hanya dilakukan kepada Hakim Agung SD, namun juga terhadap perkara dengan terdakwa Hakim Yustisial berinisial ETP, beberapa staf MA, pemberi suap, dan perantara suap dengan latar belakang profesi advokat.

Pemantauan di setiap agenda persidangan dilakukan dalam rangka pengumpulan informasi guna melihat peristiwa secara utuh.

Sebab, lanjut dia, bukan tidak mungkin dari pemantauan tersebut ditemukan informasi-informasi lain yang masuk dalam domain KY untuk ditindaklanjuti.

Dalam kesempatan itu, Miko mengatakan, di satu sisi KY memahami soal kemandirian hakim dan peradilan. Namun pemantauan oleh KY justru dilakukan untuk mendukung kemandirian hakim, dan peradilan serta tujuannya bukan semata dalam koridor pengawasan.

“Apabila ada dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim, maka akan diteruskan ke jalur pengawasan,” tuturnya.

Kendati demikian, apabila ada dugaan perbuatan merendahkan kehormatan hakim, misalnya, berupa intimidasi atau intervensi, maka akan ditindaklanjuti dengan advokasi hakim.

Terakhir, proses etik oleh KY terhadap terdakwa hakim (baik hakim agung maupun hakim yustisial) masih berjalan seiring dengan persidangan berlangsung.

BACA JUGA:   Habib Bahar Smith Sempat Dibuntuti sebelum Ditembak

“Proses persidangan dan proses etik saling mendukung dan melengkapi,” tambah dia.

 

Artikel Terkait

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Tersangka Sempat Beli Gorengan Sebelum Perkosa-Bunuh Gadis Penjual Gorengan

FT News - Polisi mengungkap kronologi pemerkosaan dan pembunuhan...

Edarkan Ganja, Pria Paruh Baya di Langkat Dicokok Polisi

FT News - Polisi menangkap seorang pengedar narkoba jenis...