Tersangka Penembak Gubernur Filipina Akhirnya Tewas

Forumterkininews.id, Manila- Polisi  telah menembak mati seorang tersangka dan menangkap tiga orang lainnya. Dalam penembakan yang menewaskan seorang gubernur provinsi Filipina tengah dan delapan orang lainnya.

Pembunuhan Gubernur Negros Oriental Roel Degamo di rumahnya pada hari Sabtu, (4/3), oleh setidaknya enam pria bersenjatakan senapan serbu. Mereka mengenakan seragam kamuflase seperti militer dan rompi tahan peluru adalah yang paling mematikan dalam serangkaian serangan terhadap politisi, dalam beberapa pekan terakhir di negara itu.

Saat kejadian, Degamo sedang bertemu penduduk desa miskin yang mencari bantuan medis dan lainnya.  Sebelum akhirnya orang-orang bersenjata berjalan dengan tenang ke kompleks perumahannya di kota Pamplona dan melepaskan tembakan.

Para tersangka melarikan diri dengan tiga SUV. Kemudian ketiga mobil itu ditinggalkan di kota terdekat dan sekitar 10 orang terlihat melarikan diri, menurut laporan polisi.

Sedikitnya 17 lainnya, termasuk seorang dokter dan dua tentara juga terluka.

Polisi dengan cepat mendirikan pos pemeriksaan jalan dan Sabtu malam menangkap tiga tersangka. Termasuk dua mantan tentara, dan membunuh satu orang dalam bentrokan saat mereka mengejar orang-orang bersenjata itu.

Sejumlah senapan dan pistol disita dari para tersangka, kata polisi. Tanpa merinci atau mengungkapkan apakah mereka telah menentukan motif serangan itu.

Degamo, seorang politikus lama, awalnya kalah dalam pemilihan gubernur Negros Oriental dalam pemilihan tahun lalu tetapi kemudian dilantik sebagai gubernur setelah mengajukan petisi pengadilan.

Dia mengatakan beberapa tahun lalu bahwa dia telah menerima ancaman pembunuhan di provinsi itu, yang memiliki sejarah konflik politik berdarah dan kekerasan terkait pemberontakan komunis.

Pembunuhan Degamo menggarisbawahi bahwa bahkan politisi lokal pun tidak kebal dari kekerasan senjata tingkat tinggi yang terus berlanjut meskipun pemerintah berjanji untuk memeranginya.

Artikel Terkait

Tiara Andini Rayakan Ultah, Sosok Alshad Ahmad Pakai Kostum Patrick Curi Perhatian

Tiara Andini baru saja merayakan ulang tahun. Jebolan Indonesian...

Jepang Dilanda Banjir Bandang Tewaskan 6 Orang

FT News – Negeri Sakura dilanda banjir bandang dan...

China Desak Warganya Tinggalkan Israel, Bersiap Serang?

FT News – China mendesak warganya di Israel untuk...

Viral Pendaki Gunung Rekam Detik-detik Dirinya Terperosot Saat Mendaki Gunung

FT News - Kegiatan mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan...

Aktivis Lingkungan Greta Thunberg Dukung Palestina dalam Demonstrasi di Stockholm

FT News - Aktivis lingkungan kondang asal Swedia, Greta Thunberg,...