RS Polri Berhasil Identifikasi Tiga Jenazah Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Forumterkininews.id, Jakarta – RS Polri Kramat Jati mengidentifikasi tiga jenazah korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Tim Dokkes masih mengumpulkan data sidik jari dan tes DNA dari pihak keluarga korban.

Ketiga jenazah yang berhasil diketahui identitasnya berdasarkan hasil sidik jari tersebut sudah diserahkan kepada pihak keluarga masing-masing.

“Informasi dari Posko DVI antemortem Rumah Sakit Polri, sampai saat ini masih tiga jenazah yang telah teridentifikasi,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Senin (6/3).

Sementara, kata Ramadhan, tim Pusdokkes Polri telah mengumpulkan data sample DNA dari keluarga korban. Ini diperlukan untuk mencocokan dalam rangka mengetahui identitas korban tersebut.

“Sampai saat ini yang telah melapor ke posko anti mortem sebanyak 15 orang. Dan 15 orang tersebut telah diambil sample DNA,” jelasnya.

Selain itu, pihak kepolisian membuka nomor Handphone (HP) layanan hotline di Rumah Sakit Bhayangkara Pusdokkes Polri dengan nomor (0812) 1388-515 dan (0882) 1468-3516.

“Kami menerima laporan ya dari keluarga korban. Dan keluarga yang merasa kehilangan bisa melaporkan kepada kita untuk memberikan data ante-mortem,” tuturnya.

Janji Pj Gubernur ke Para Pengungsi

Sebelumnya PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berjanji akan melakukan evaluasi terhadap Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

Hal tersebut diungkap PJ Gubernur DKI Jakarta dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Minggu (5/3).

“Presiden berpesan agar keamanan dan keselamatan masyarakat menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, evaluasi akan dilakukan untuk meninjau kembali zonasi serta langkah ke depan,” kata Heru.

Heru juga menyampaikan, jajarannya akan terus mendampingi para penyintas di pengungsian dalam berbagai aspek. Mulai dari kesehatan fisik hingga kesehatan mental, agar proses pemulihan korban berjalan lancar.

BACA JUGA:   Jika Eco Park Kembali Dibuka, PKL Dadakan Dilarang Berdagang

Dalam kesempatan itu, Jokowi bersama jajarannya meninjau lokasi pengungsian warga terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rasela, Jakarta Utara.

Dalam tinjauan tersebut, Presiden Jokowi meminta Heru dan Erick Thohir untuk segera mencari solusi jangka panjang agar kejadian serupa tidak terulang pada masa mendatang. BPBD DKI hingga Minggu (5/3) pukul 12.00 WIB mencatat jumlah pengungsi sebanyak 421 jiwa dengan rincian 121 jiwa di Kantor PMI Jakarta Utara dan 300 jiwa di RPTRA Rasella.

Insiden kebakaran melanda sebuah depo pertamina di Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat (3/3) malam. Penyebab kebakaran dugaan sementara karena permasalahan teknis pengisian BBM jenis Pertamax.

 

Artikel Terkait