Perjanjian Lintas Batas RI-Malaysia Masuki Tahap Akhir

Forumterkininews.id, Kuala Lumpur – Menteri Dalam Negeri Malaysia Datuk Seri Saifuddin Nasution Ismail menyebut perjanjian lintas batas baru antara Malaysia dan Indonesia sedang diselesaikan. Ini menyusul proyek pembangunan ibu kota baru Indonesia, Nusantara di Kalimantan Timur.

Saifuddin mengatakan perjanjian lintas batas itu diharapkan bisa ditandatangani saat Presiden Indonesia Joko Widodo berkunjung ke Malaysia akhir tahun ini.

Ia menambahkan, Malaysia dan Indonesia sedang dalam proses mengkaji beberapa isu utama, khususnya terkait ancaman keamanan.

“Pertama, harus melibatkan kerja sama antara Malaysia dan Indonesia. Sekarang, kami sedang dalam proses finalisasi perjanjian lintas batas. Kami mengharapkan Presiden Indonesia Jokowi berkunjung ke Malaysia tahun ini,” kata Saifuddin dikutip The Star, Rabu (8/3).

Saifuddin juga berbicara soal langkah-langkah peningkatan keamanan di Komplek Imigrasi, Bea Cukai, Karantina, dan Keamanan serta aset negara di sekitar perbatasan Indonesia.

Saifuddin mengatakan kementerian saat ini sedang mengkaji hal-hal yang menyangkut wilayah yang dapat diakses oleh warga Malaysia dan Indonesia.

“Ketika perbatasan dibuka, arus orang antara kedua negara ini akan terjadi. Di situlah potensi ancaman atau pelanggaran (aturan). Kedua negara saat ini sedang bernegosiasi untuk menyelesaikan area masuk, di mana penduduk diperbolehkan berada,” paparnya.

Artikel Terkait